Seni Debus Banten dan Sisingaan Menghibur Acara Halal Bihalal Sunda Ngahiji di Pangumbaraan

U Suryana
Seni Debus Banten dan Sisingaan menghibur acara halal bihalal Sunda Ngahiji di Pangumbaraan / Foto : Istimewa

BATAM, iNewsLebak.id - Halal bihalal Sunda Ngahiji berlangsung dengan meriah dan dihibur oleh kesenian khas dari tanah Pasundan dan Jabar Banten. Kegiatan ini di inisiasi oleh Viking Batam didukung oleh Djarum Coklat, bersama paguyuban-paguyuban kasundaan yang ada di Kota Batam.

Tampak juga di lokasi acara yaitu stand kuliner khas Sunda, makanan dan minuman khas tanah Sunda seperti batagor, siomay, kerak telor, karedok, dan makanan serta minuman lainnya.

Nyanyang Harris Pratamura selaku sesepuh Sunda Ngahiji dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam acara halal bihalal Urang Sunda, selama kita dalam beberapa tahun kemarin kita tidak bisa jumpa, silahturahmi dan inilah kita hari ini bisa bertemu kembali halal bihalal kumpul sesama urang Sunda di perantauan Kota Batam.

"Urang Sunda harus bersatu dan tetap guyub, kita kesampingkan status sosial kita, jadikan Sunda Ngahiji dengan kesatuan," kata kang Nyanyang Harris Pratamura, Minggu (14/05/23) pagi, bertempat di Pantai Marina Sekupang Batam.

"Disini ada sesepuh kita urang Sunda yang selalu mendo'akan kita, untuk kemajuan dan keguyuban urang Sunda yang ada di perantauan," ucapnya.

Nyannyang Harris juga sampaikan, diketahui juga urang Sunda yang akan maju di DPR RI yaitu Kang Usep Rahmat Saefullah, mari kita dukung sampai jadi.

"Selanjutnya Kang Wahyu Wahyudin asal Sukabumi juga mari kita dukung untuk maju melanggeng wakil rakyat di dapil lima, dari tanah Pasundan," kata Kang Nyanyang Harris Pratamura.

"Begitu juga untuk dapil lima Batu Aji Batam, teh Nining Kairah yang akan maju mewakili perempuan Pasundan, ada juga Kang Hadis dapil dua Bengkong, Batu Ampar mudah-mudahan jadi wakil rakyat," jelas kang Nyanyang Harris Pratamura.

Terus ada juga kang Warya, kang HM Rudi yang siap akan menjadi wakil rakyat.

"Dan untuk para calon wakil rakyat asal Pasundan jangan lupa silahturahmi dan minta do'anya kepada para sesepuh Sunda, semoga urang Sunda terpilih menjadi wakil rakyat di dapil masing-masing," ucapnya.

"Semoga dengan doa bersama diberikan kemudahan dan kelancaran, saya ucapkan terimakasih kepada kang Arga Viking Batam yang berinisiatif dengan halal bihalal ini," pungkas Kang Nyanyang Harris Pratamura.

Ustadz Asep Rabbani, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Robbani dalam tausiyah singkatnya menyampaikan dengan halal bihalal ini urang Sunda Ngahiji semuanya yang ada di perantauan ini, saya bangga kepada Kang Nopi, Kang Arga yang telah bersama-sama mengadakan kegiatan halal bihalal ini, semoga barokah dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

"Mari kita urang Sunda menjadikan perubahan yang punya inovasi, Insya Allah orang Sunda tidak akan tinggal diam, urang Sunda membawa perubahan untuk kota Batam yang sungguh-sungguh menyatukan visi dan misi kita, urang Sunda sukses urusan negara dan agama," jelas Ustadz Asep Rabbani.

"Insya Allah barokah dari halal bihalal ini Sunda urang Ngahiji dengan keyakinan yang pasti dengan perubahan hijrah disampaikan kesungguhan, Semoga apa yang kita hajatkan dikabulkan oleh Allah SWT," pungkasnya.

Ketua harian PP Batam, Nining Kairah dalam keterangan pers juga menyampaikan terima kepada semua urang Sunda di perantauan, semoga acara ini menjadikan ajang silahturahmi sesama urang Sunda, dan tetap solid dan guyub.

Acara halal bihalal dilanjutkan dengan balakecrakan botraman, atau makan bersama-sama dan hiburan.

Warga Sunda dihibur oleh kesenian khas Subang, yaitu Sisingaan dan seni beladiri debus dari Tboban dan Punwten Batam.

Turut hadir dalam acara halal bihalal Sunda Ngahiji, Kang Usep RS dari paguyuban Bandung Raya, Kang Deden Sirajuddin ASMI (Asal Sukabumi) Batam,  Kang Nopianto pembina Viking Batam, Kang Arga Ketua Viking Batam, Kang Deden Iwan Sukma, KB AMS Kepri, Kesti Batam.

Hadir juga Kang Dede Suparman Ketua PP (Paguyuban Pasundan) Kepri, Kang Andri Nurohman Ketua PP Batam, Kang HM Rudi (DPRD), Kang Nyanyang Harris Pratamura, Ketua Asgar Batam, Abah Budi Yusa Tboban, sesepuh Banten, Kang Gunawan Puwnten Batam, Kang Elang Sutalaksana Pakuwangi Batam, Kang Jamaludin Paguyuban Indramayu, Kang Jefri paguyuban Bajigur, Kang Dadang Askun (Asal Kuningan) Batam, Fokus Batam.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network