Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Kebun Milik Warga di Desa Wantisari Ludes Terbakar

U Suryana
Diduga akibat puntung rokok, lahan kebun milik warga di Desa Wantisari ludes terbakar / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Lahan kebun milik warga, Lamri (Alm), di Kampung Padasuka  RT 001 RW 004, Desa Wantisari, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Jum'at 22 September 2023, ludes terbakar.

Dari informasi yang dihimpun tim iNewsLebak.id, kebakaran bermula diketahui oleh warga Desa Wantisari sekitar pukul 17.45 WIB, diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh seseorang yang melintas jalan setapak di area lahan kebun milik Lamri, yang kebetulan saat itu angin kencang dan mengakibatkan api di puntung rokok semakin membesar sehingga membakar semak-semak kering di sekitar hingga merembet ke lahan kebun yang lain.

Adanya kebakaran lahan kebun ini, warga segera melaporkan kepada Polsek Leuwidamar, berapa lama datang Kapolsek Leuwidamar bersama anggotanya dan Babinsa Koramil Leuwidamar, turut membantu warga memadamkan api.

Kapolsek Leuwidamar Iptu Acep Komarudin, membenarkan adanya kebakaran lahan kebun milik Lamri, sebelumnya ia menerima laporan dari warga Desa Wantisari, selanjutnya Polsek Leuwidamar dan Babinsa Leuwidamar, langsung turun ke lokasi untuk membantu warga memadamkan api agar tidak menjalar ke pemukiman warga.

"Kami bersama warga memadamkan api dengan alat seadanya dan Alhamdulillah api dapat dipadamkan," ungkapnya.

Kapolsek juga menghimbau kepada warga untuk sama-sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semuanya.

"Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar, jangan membuang puntung rokok sembarangan, dikarenakan sekarang ini kita sedang menghadapi kemarau, hindari pembakaran yang bisa menjalar ke pemukiman warga. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat dan menjaga lingkungan," ajak Kapolsek.

Kegiatan pemadaman api yang membakar lahan kebun selesai dilaksanakan pukul 19.55 WIB. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman terkendali. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil belum disebutkan jumlahnya.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network