SDN 01 Cihara Peringati Hari Sumpah Pemuda

Egi Rukmana
SDN 01 Cihara Peringati Hari Sumpah Pemuda / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SDN 01 Cihara Kabupaten Lebak, Banten melaksanakan upacara, berlangsung di halaman sekolah, Sabtu (28/10/2023).

Acara ini merupakan salah satu upaya warga negara Indonesia untuk melaksanakan kewajibannya menghormati para pejuang yang telah merebut dan mempertahankan memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segala pengorbanannya.

Dalam sambutannya, Kepala SDN 01 Cihara Dedi Sujadi, S.Pd.SD yang sekaligus memimpin upacara itu mengingatkan anak-anak didiknya agar tidak melupakan jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Alhamdulilah pada kesempatan ini kita bisa melaksanakan upacara peringatan hari sumpah pemuda. Kenapa kita harus memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari ini 28 oktober 2023? Karna kita jangan sampai melupakan jasa-jasa para pejuang di jaman penjajahan dulu demi tercapainya kemerdekaan. Mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk tanah air indonesia," kata Dedi.

Kepala SDN 01 Cihara meminta agar semua anak didiknya menjadi pemuda-pemudi harapan bangsa yang bisa menjunjung tinggi Negara Republik Indonesia dimasa akan datang.

"Selain itu juga saya meminta dan berharap kepada anak-anak bapak supaya menjadi generasi muda harapan bangsa yang selalu membanggakan nama bangsa Indonesia dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan, karena kalian semua adalah generasi penerus bangsa Indonesia dimasa yang akan datang," harapnya.

Disamping melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, SDN 01 Cihara juga mengadakan lomba mewarnai dengan gambar anak yang bangga membawa dan mengibarkan bendera merah putih.

Eva Susanti, guru di SDN 01 Cihara menjelaskan tujuan dari lomba mewarnai itu.

"Diadakannya lomba mewarnai tersebut bertujuan untuk membangun karakter peserta didik dalam memberikan ruang bagi anak-anak agar bebas berkreasi dan berkarya dan juga untuk menyalurkan bakat yang ada pada anak anak," ujarnya.

Eva menambahkan, adanya kegiatan ini adalah sebagai implenentasi  kurikulum merdeka dalam memperingati hari besar nasional di SDN 01 Cihara.

Diketahui, dalam upacara tersebut teks sumpah pemuda dibacakan oleh M Samsul Hadi, siswa kelas VI di sekolah itu.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network