Dies Natalis ke-77, HMI Cabang Lebak Buka Ruang untuk Anak Disabilitas

U Suryana
Dies Natalis ke-77, HMI Cabang Lebak Buka Ruang untuk Anak Disabilitas / foto : istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Organisasi Mahasiswa Islam terbesar dan tertua di Indonesia menginjak usia ke-77 tahun pada 05 Februari 2024 ini. Hal tersebut disambut hangat dan ramai oleh seluruh kader himpunan, begitupun kader HMI Cabang Lebak yang telah menggelar beberapa rangkaian menuju puncak Dies Natalis HMI ke-77 tahun.

Rangkaian kegiatan telah berlangsung sejak tanggal 1 Februari 2024 dengan diawali kegiatan HMI Peduli yakni berbagi sembako kepada masyarakat dari Lebak Selatan hingga Utara, hal tersebut dilokomotori oleh Bidang Perguruan Tinggi dan Kepemudaan (PTKP) HMI Cabang Lebak. 

Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 03 Februari 2024 adalah kegiatan HMI Gemas (HMI Gembira Bersama Anak Disabilitas) hal tersebut menjadi iconic bagi organisasi mahasiswa Islam. Pasalnya anak disabilitas jarang sekali diberikan ruang dan hak yang sama oleh para stakeholder, sehingga menjadi panggilan untuk Kader HMI Cabang Lebak memberikan ruang kepada anak-anak istimewa tersebut. 

“Ya betul, Alhamdulillah kami menyelenggarakan kegiatan HMI GEMAS dengan berbagai macam lomba seperti Lomba Adzan, Lomba Musikalisasi Puisi, Lomba MTQ dan Lomba Melukis. Hal tersebut mengusung tema Aku Bangga Menjadi Anak Kabupaten Lebak, sehingga memberikan semangat yang sama untuk anak-anak istimewa,” ungkap Akid Nurwana Putra Ketua Pelaksana Dies Natalis HMI Cabang Lebak.

Selain itu, kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa sekolah luar biasa di Kabupaten Lebak yakni SKHN 01, SKHN 02, SKHN PGRI dan SKHN Sarongge yang memberikan semangat antusias karena momentum yang langka anak-anak tersebut bisa berkreativitas.

“Di usia HMI yang tidak lagi muda, saya ingin menekankan HMI lebih dekat dengan masyarakat. Terlebih anak-anak yang istimewa adalah satu hal yang menjadi PR untuk kita rangkul dan berikan solusi jangka panjang untuk masa depannya. Terlebih kita mengacu kepada Peraturan Gubernur bahwa setiap Kecamatan wajib mewadahi anak istimewa untuk diberikan ruang pendidikan. Hal ini harus terealisasikan kita sama-sama dorong ke Pemerintah Kabupaten Lebak,” ujar Ratu Nisya Yulianti Ketua Umum HMI Cabang Lebak.

Kegiatan HMI GEMAS turut dihadiri dan dibuka oleh Ayah Disabilitas Kabupaten Lebak Bapak Moch Nabil Jayabaya beserta Ibu Intan Novitasari yang tidak henti memberikan motivasi dan support untuk seluruh masyarakat Kabupaten Lebak.

"Saya apresiasi yang besar untuk HMI Lebak yang senantiasa melakukan kegiatan keumatan, karena selaras dengan tugas manusia yakni memanusiakan manusia dengan menjadi bermanfaat untuk manusia yang lainnya. Saya akan terus support untuk kegiatan yang berkaitan dengan umat dan bangsa," ungkap Bapak Moch Nabil Jayabaya selaku Ayah Disabilitas Kabupaten Lebak.

Selain itu, rangkaian akhir Dies Natalis HMI ke-77 yang digelar oleh HMI Cabang Lebak akan memuncak di 06 Februari 2024 dengan kegiatan internal yakni silaturahmi lintas generasi dan pekan olahraga kader.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network