Tim Dosen Departemen PSP FPIK-IPB University Berikan Pelatihan untuk Nelayan di Desa Cikiruhwetan

U Suryana
Tim Dosen Departemen PSP FPIK-IPB University Berikan Pelatihan untuk Nelayan di Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (7/8/2024) / foto: istimewa

PANDEGLANG, iNewsLebak.id - Dengan tema "Nelayan Tangguh, Nelayan Mandiri", Tim Dosen Departemen PSP FPIK-IPB University yang terdiri atas Yopi Novita, Wazir Mawardi, Sugeng H Wisudo, Budhi H Iskandar, Vita R Kurniawati, dan Dwi Putra Yuwandana; memberikan pelatihan untuk nelayan.

Nelayan yang mendapatkan pelatihan tersebut yaitu para nelayan di Kampung Muara 2, Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, berlangsung di Gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, pada hari Rabu (7/8/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri atas nelayan, istri nelayan dan petugas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Cikeusik. Kegiatan pelatihan tersebut merupakan upaya inisiasi Pembentukan Desa Nelayan Mandiri di Desa Cikiruhwetan.

Kegiatan inipun sejalan dengan rencana strategis Pemerintah Daerah Provinsi Banten yang merencanakan terwujudnya Pelabuhan Perikanan Banten Selatan Terpadu, dengan tumbuhnya aktivitas ekonomi masyarakat pesisir, meningkatnya kinerja pembangunan kelautan dan perikanan dan penataan kawasan kumuh.

Materi pelatihan meliputi materi pengoperasian alat tangkap berwawasan lingkungan, manajemen usaha perikanan dan upaya mitigasi risiko.

Materi tentang pengoperasian alat tangkap berwawasan lingkungan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran nelayan untuk mau menggunakan dan mengoperasikan alat tangkap yang tidak merusak sumberdaya ikan dan lingkungan, sehingga ketersediaan sumberdaya ikan tetap berkelanjutan. 

Adapun materi tentang manajemen usaha perikanan diberikan dengan harapan agar nelayan menjadi sentra pertumbuhan aktivitas ekonomi di pesisir.

Terakhir materi tentang upaya mitigasi risiko, diberikan dalam upaya mendukung Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mengingat daerah penangkapan ikan nelayan di Desa Cikiruhwetan adalah Perairan Samudera Hindia.

Ketiga materi masing-masing diberikan oleh Wazir Mawardi, Sugeng Hari Wisudo, dan Budhi Hascaryo Iskandar, yang merupakan staf pengajar di Departemen PSP FPIK IPB University. Diskusi dimoderatori oleh Vita R Kurniawati.

Pelatihan diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Cikiruhwetan yang diwakili oleh Sekretaris Desa (Sekdes), Bapak Riki Repangga, S.IP.

"Pak Sekdes menyampaikan bahwa kesadaran nelayan akan pentingnya keselamatan di lingkungan kerja masih sangat minim. Beberapa kejadian kecelakaan di laut (Laka laut), diantaranya mengakibatkan nelayan meninggal akibat tenggelam. Saat kejadian, tidak tersedia life jacket di atas kapal. Padahal beberapa waktu lalu, para nelayan mendapat bantuan life jacket, akan tetapi life jacket tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya," ujar Riki.

Selanjutnya acara pelatihan dibuka oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Wilayah Selatan, Imam Budiono, SE.

"Nelayan Desa Cikiruhwetan harus dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan usaha penangkapan ikan yang efektif dan efisien serta tanggap bencana. Mengingat potensi kelautan dan perikanan di Banten sangat besar. Sehingga keberadaan PPI Cikeusik dapat dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin," ucapnya.

Di akhir kegiatan, mewakili Tim Dosen PSP Mengabdi, Yopi Novita selaku Ketua Tim,  menyerahkan bantuan berupa alat penyelamatan diri (APD) yang terdiri atas life jacket dan life ring kepada petugas PPI Cikeusik.

Pemberian bantuan APD ini dimaksudkan sebagai upaya mitigasi risiko Laka laut. Upaya mitigasi risiko sangat diperlukan mengingat wilayah kerja nelayan dan petugas PPI Cikeusik adalah perairan selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar, yaitu  perairan Samudera Hindia. 

Kepala KCD Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Wilayah Selatan mengharapkan agar kegiatan pelatihan tersebut berkelanjutan.  Sehingga upaya pembentukan nelayan mandiri dapat terwujud.

Nelayan mandiri adalah nelayan yang bertanggungjawab terhadap diri, keluarga dan lingkungannya.  

Bersamaan dengan pelaksanaan pelatihan, Dwi Putra Yuwandana melakukan pemotretan wilayah Pelabuhan dengan menggunakan drone. Tujuan pemetaan ini adalah untuk menganalisis ketersediaan lahan yang dapat digunakan pemerintah sebagai acuan pengembangan pelabuhan di masa depan.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network