Sambut HUT RI ke-79, Ribuan Warga Gelar Istighosah di Alun-alun Malingping Doakan Pejuang

U Suryana
Sambut HUT RI ke-79, Ribuan Warga Gelar Istighosah di Alun-alun Malingping Doakan Pejuang / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79, ribuan warga menggelar istighosah di Alun-alun Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Rabu (14/8/2024) sekitar pukul 20.00 WIB.

Ribuan warga tersebut mendo'akan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang telah gugur, selain itu para jemaah juga berdoa agar harapan mereka untuk menjadikan Daerah Otonomi Baru (DOB) Cilangkahan menjadi Kabupaten segera terwujud. 

Hadir dalam istighosah kubro tersebut; para Pengurus Majlis Ulama Indonesia (MUI) dari 10 Kecamatan di wilayah Lebak Selatan, Pengurus Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP), Camat Malingping, Kapolsek Malingping, Danramil Malingping, para kepala desa, tokoh masyarakat, kya'i dan para santriawan santriwati dari beberapa Ponpes di wilayah Lebak selatan.

Selain itu hadir pula Sekretaris Jendral (Sekjen) Badan Kordinator (Bakor) Pembentukan Kabupaten Cilangkahan (PKC) H Ahamad Taufik. S.E.

Kegiatan istighosah ini dengan tema "Tasyakuran Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 Kecamatan Malingping, do'a bersama untuk para pahlawan dan bangsa, semangat juang pahlawan teladan perjuangan DOB Cilangkahan".

Camat Malingping, Dadan Rusman Wardana S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada warga Kecamatan Malingping yang kompak dan semangat dalam menyambut dan memeriahkan kegiatan HUT kemerdekaan.

"Terima kasih kepada warga khususnya warga Kecamatan Malingping yang selalu kompak dan semangat dalam menyambut dan memeriahkan kegiatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. Malam ini Istighosah Kubro juga merupakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024," ujarnya.

Kata Dadan, kehadiran para jemaah untuk istighosah merupakan bukti bahwa masyarakat Malingping khususnya sangat intens pada kegiatan kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Malingping, terutama dalam kegiatan keagamaan.

Dadan juga mengatakan kekompakan warga menjadi pemicu semangat kita untuk membuktikan agar DOB Cilangkahan segera terwujud. Jemaah istighosah mendo'akan para pejuang kemerdekaan negara Indonesia, juga berdoa agar DOB Cilangkahan segala terwujud.

Menurut Dadan, suksesnya kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) di Kecamatan Malingping yang selalu meriah, itu atas kerja sama dan kekompakan warga masyarakat Malingping, dan tahun ini masyarakat Malingping juga membuktikan kekompakannya pada kegiatan-kegiatan olahraga yang sangat luar biasa.

H Ahamad Taufik S.E, Sekjen Bakor PKC Cilangkahan dalam sambutannya menyampaikan, Perjuangan Bakor sudah 20 tahun lebih namun sampai hari ini belum juga terwujud.

"Perjuangan Bakor sudah 20 tahun lebih namun sampai hari ini belum juga terwujud, maka atas kordinasi perwakilan warga dari 10 kecamatan yang ada di wilayah Lebak Selatan memutuskan untuk berangkat melakukan aksi demo ke Jakarta pada tanggal 31 Juli 2024, kemarin," ucapnya. 

Lanjut Ahmad Taufik, "Upaya demo dan lobi-lobi sudah kita lakukan, maka malam ini kita bantu dengan istighosah dan do'a bersama memohon kepada sang pencipta agar harapan kita semua menjadikan Cilangkahan sebagai Kabupaten segera terwujud," tuturnya.

Selaku pengurus Bakor, Ahmad Taufik juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas perjuangan kemarin, menurutnya kedepan Bakor akan melakukan audiensi lobi-lobi kepada para pimpinan pengurus partai. 

"Insya Allah, kedepan kita akan melakukan audiensi lagi dengan para pimpinan partai politik, semoga harapan kita semua yang ingin menjadikan Cilangkahan sebagai kabupaten bisa secepatnya terwujud," harapnya.

Sementara itu, Hambali selaku Ketua panitia pelaksana istighosah Kubro. Menyampaikan terima kasih kepada para jemaah yang sudah hadir memadati Alun-alun Malingping untuk menggelar do'a bersama. 

"Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah hadir pada istighosah kubro malam ini. Kepada para pengurus MUI dari 10 kecamatan, Pengurus Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP), para santri, ibu-ibu jemaah pengajian, juga tak lupa terima kasih kepada para donatur yang sudah mensuport kegiatan istighosah kubro ini," ucapnya.

Hambali juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder Kecamatan Malingping yang selalu mensuport dan berharap kegiatan ini selalu berjalan setiap tahun menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan ia berharap do'a pada istighosah terkabul dan secepatnya DOB Cilangkahan bisa terwujud.

Diketahui, istighosah dipimpin langsung oleh salah satu pengurus pondok pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Malingping yaitu Kyai H Ali Suudi H.S, berjalan dengan lancar.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network