Destinasi Wisata Curug Kadu Punah di Cibeber Paling Hits untuk Healing

A Riefai
Destinasi Wisata Curug Kadu Punah di Cibeber Paling Hits untuk Healing / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Menikmati keindahan alam di Kabupaten Lebak, Banten, memang tidak ada habisnya. Seperti keindahan alam Curug Kadu Punah, lantaran memiliki sensasi panorama alam yang sangat menarik.

Setelah sempat viral di media sosial, objek wisata air terjun Curug Kadu Punah yang memiliki ketinggian 20  meter ini, kini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Saat ini potensi wisata yang berlokasi di area hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sukamulya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten itu hanya dikelola masyarakat sekitar.

Di tempat ini belum banyak fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Namun, wisatawan sudah ramai berkunjung dan menjadikan Curug Kadu Punah menjadi tempat hits healing bersama keluarga atau rombongan.

Ketua Tim Asak's 95 Ngelantour, Iim Halimi, mengatakan ia bersama temen-temen dari Komunitas Asak's 95 Ngelantour sengaja berkunjung ke obyek wisata Curug Kadu Punah yang memiliki air jernih dan sejuk.

"Kami ingin berenang ditepian air terjun dan merasakan sensasi segarnya air terjun Curug Kadu Punah yang memang bersumber dari pegunungan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak," katanya, Minggu (15/9/2024).

Iim dan teman-temannya yang datang berkunjung menyebut tempat ini merupakan lokasi wisata air terjun yang sangat bagus dan menyegarkan. Udara di kawasan hutan taman nasional, masih alami dan membuat betah berlama-lama di tempat ini.

Meski demikian, mereka berharap agar kawasan ini lebih ditata oleh warga dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, agar wisata ini dapat lebih berkembang.

Sementara itu, Ketua Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Cahaya Mulya, Ipan Rustiawan mengatakan, sejak didirikan Pokdarwis Cahaya Mulya tahun 2020 lalu, obyek wisata Curug Kadu Punah belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah, baik pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat.

Ipan juga mengatakan mengelola air terjun Curug Kadu Punah dilakukan secara swadaya, hal ini agar para wisatawan bisa berwisata menikmati keindahan air terjun, yang masih asri ini.

"Secara swadaya, warga sekitar berupaya mengelola area wisata, termasuk pengelolaan area parkir kendaraan. Jalan setapak menuju lokasi air terjun sangat sempit dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki," ujarnya.

Ipan berharap adanya bantuan jalur aliran listrik yang langsung ke lokasi obyek wisata dan sarana ibadah (Musholah) serta pembangunan rest area yang layak di destinasi wisata tersebut.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network