get app
inews
Aa Read Next : Habis Lebaran Setda Lebak Rencana Mau Belanja Sofa dan TV Senilai Rp2,4 Miliar

Mitigasi Tsunami, BSI dan BSI Maslahat Tanam 2500 Pandan Laut di Pesisir Pantai Panggarangan

Rabu, 14 Desember 2022 | 07:12 WIB
header img
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan BSI Maslahat melakukan pelatihan dan penanaman 2.500 pohon Pandan Laut di pesisir pantai desa Panggarangan

LEBAK, iNewsPemalang.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan BSI Maslahat melakukan pelatihan dan penanaman 2.500 pohon Pandan Laut (pandanus odorifer) di pesisir pantai desa Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (13/12/2022).

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara BSI dengan Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) University, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Direktur Care Program BSI Maslahat, Ilham Syahputra menjelaskan bahwa tanam pandan laut memiliki fungsi sebagai benteng pesisir, atau sabuk hijau dalam mengurangi dampak jika terjadi gelombang tsunami.

Selain itu pandan laut juga memiliki aspek ekonomis yang dapat dibudidayakan dan bermanfaat dalam aspek pemberdayaan ekonomi komunitas untuk meningkatkan kapasitas serta mendukung kampanye kesiapsiagaan bencana. 

Pandan laut dipilih karena struktur tanaman yang kokoh dan mampu hidup di perairan, memiliki fungsi ekologi menahan abrasi pantai, mengurangi dampak pasang terhadap ekosistem darat, mitigasi tsunami, serta meminimalisir kerusakan.

Berdasarkan data World Risk Report 2022 Indonesia merupakan negara dengan risiko bencana terbesar ketiga di dunia. Salah satu bencana yang terjadi di Indonesia adalah gempa dan tsunami. BMKG telah melakukan penelitian dan terdapat potensi gempa 8.7 SR di zon Megathrust Selat Sunda yang dapat menyebabkan tsunami. Berangkat dari hal tersebut, Bank Syariah Indonesia menginisiasi program Desa Tangguh BSI.

Desa Tangguh BSI merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dibangun sebagai desa tanggap bencana melalui pemberian pelatihan persiapan dan pencegahan bencana, serta budidaya tanaman yang berfungsi sebagai pencegahan bencana sekaligus memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Seperti diketahui, program ini telah dilakukan BSI dan BSI Maslahat secara kontinu untuk memberikan literasi dan pemahaman kepada masyarakat pesisir. Pelatihan dilakukan dalam berbagai aspek diantaranya dari sisi keselamatan, mitigasi dan cara penyelamatan.

Editor : Sofi Mahalali

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut