get app
inews
Aa Read Next : Di Wanasalam, Pasir Laut Dijarah untuk Industri Hebel, Dewan Asep AW Tak Tinggal Diam

Wow! Kades Usulkan Dana Desa Naik Jadi Rp300 Triliun, Begini Kata Anggota DPRD Lebak

Rabu, 22 Maret 2023 | 16:40 WIB
header img
Kepala Desa usulkan Dana Desa naik jadi Rp300 Triliun / Foto : MNC

LEBAK, iNewsLebak.id - Permintaan Kepala Desa (Kades) yang menuntut kenaikan dana desa (DD) 10 persen atau Rp300 triliun dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Rp3 ribu triliun dinilai belum tepat.

Hal ini dilontarkan Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Lebak, Musa Weliansyah, "Kita minta Kades lebih baik menggunakan DD yang sudah ada untuk pembangunan desa," kata Musa, Selasa (21/03/2023) sore. 

Permintaan tuntutan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menaikkan DD 10 persen tidak semudah itu, mengingat APBN tahun 2023 sudah disahkan.

Begitu juga dana APBN tahun 2024 diprioritaskan untuk anggaran biaya pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah. 

Musa juga belum bisa memprediksi perjalanan bangsa ini setelah pemilu 2024, apakah akan tumbuh positif atau negatif terhadap perekonomian nasional. 

Dengan demikian, kata dia, kondisi negara perlu pertimbangan, di sisi lain kasus korupsi DD masih tinggi, juga kurangnya transparansi di dalam penggunaan dana tersebut.

"Disamping itu juga masyarakat masih mengeluhkan penggunaan DD, sehingga hal wajar DD tidak perlu dinaikkan oleh pemerintah. Kami menilai tuntutan Kades naik DD 10 persen belum tepat," ujarnya. 

Menurut Sekretaris FPPP DPRD Lebak ini seyogyanya pemerintah desa lebih baik fokus pada penggunaan dana desa yang tersedia untuk pembangunan desa. 

Sebab, pemerintah desa juga tidak sedikit menerima dana alokasi anggaran dari bantuan keuangan kabupaten dan provinsi. 

"Pembangunan infrastruktur seperti jalan poros desa, jalan lingkungan dianggarkan dari kabupaten maupun provinsi hingga APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum," tandasnya. 

Begitu pula dibidang ketahanan pangan, seperti perikanan dan peternakan juga ada dari kabupaten, provinsi dan pusat, termasuk dari Kementan. 

"Saya lebih sepakat bantuan infrastruktur dulu untuk desa dan tidak berdasarkan kepentingan politik, namun skala prioritas hasil Musrenbang yang berjenjang dari tingkat desa hingga kabupaten," tegas Musa. 

Sementara itu, Ketua APDESI Kabupaten Lebak Usep Pahlaludin mengatakan pihaknya berharap pemerintah dapat merealisasikan permintaan tuntutan.

Kata dia, DD 10 persen sangat berguna untuk mendukung percepatan pembangunan di tingkat desa. Pihaknya optimistis jika DD dialokasikan antara Rp 5 - 6 miliar dipastikan pembangunan desa akan lebih maju dan bisa menyejahterakan masyarakat. 

"Desa mandiri dan bisa menopang pertumbuhan ekonomi hingga lapangan pekerjaan. Saya kira desa bagian garda terdepan untuk memberdayakan kemajuan dan kemandirian masyarakat desa itu," katanya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut