get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sebut Pemprov Banten Terus Tingkatkan Sarana dan Prasarana Olahraga

Sesuai Cabang Olahraga, Kontingen Indonesia Bertahap Berangkat ke Olimpiade 2024

Minggu, 14 Juli 2024 | 23:50 WIB
header img
Sesuai Cabang Olahraga, Kontingen Indonesia Bertahap Berangkat ke Olimpiade 2024 / foto: istimewa

JAKARTA, iNewsLebak.id -  Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menyatakan bahwa para atlet dan ofisial yang tergabung dalam kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, berangkat secara bertahap sesuai dengan cabang olahraga masing-masing, sejak Sabtu (13/7/2024).

"Kemarin, atlet bulu tangkis sudah berangkat ke Paris, Prancis, untuk memulai pemusatan latihan lebih awal dalam rangka persiapan. Malam ini empat atlet panahan juga akan berangkat ke Paris," kata Okto di Jakarta, Minggu (14/7/2024).

Empat atlet panahan tersebut adalah Arif Dwi Pangestu, Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah Kamal. Mereka akan menjalani adaptasi cuaca terlebih dahulu sebelum mulai bertanding pada 25 Juli mendatang.

Lebih lanjut, Oktohari menyampaikan bahwa para atlet, pelatih, dan ofisial akan terus berangkat hingga 22 Juli 2024.

"Pada 23 Juli 2024 mereka akan masuk ke perkampungan atlet, kemudian upacara pembukaan akan digelar pada 26 Juli, dan kompetisi dimulai pada 27 Juli," ujarnya.

Okto mengimbau masyarakat untuk terus mendoakan perjuangan para atlet, karena dukungan tersebut bisa menjadi kekuatan tambahan bagi mereka untuk meraih prestasi dalam ajang olahraga multi-event paling bergengsi di dunia itu.

Jumlah atlet yang berangkat untuk edisi Olimpiade kali ini adalah yang terbanyak bagi Indonesia dalam 20 tahun terakhir atau yang terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.

Sebanyak 29 atlet yang berangkat ke Paris, Prancis, terdiri dari 12 cabang olahraga, di antaranya bulu tangkis, panjat tebing, angkat besi, akuatik, senam, dan judo.

Dari 29 atlet tersebut, terdapat 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang dalam proses kualifikasi Olimpiade. Kontingen Indonesia berjumlah 86 orang, terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.

Sebelum berlaga di Olimpiade, beberapa atlet juga akan mengikuti pemusatan latihan nasional di luar negeri.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut