Paling Diburu Saat Bulan Puasa, Inilah 5 Khasiat Buah Timun Suri Bagi Kesehatan

U Suryana
5 khasiat buah timun suri bagi kesehatan / Foto : U Suryana

LEBAK,iNewsLebak.id – Saat bulan Ramadhan datang, timun suri jadi salah satu buah yang paling diburu banyak orang. Rasanya yang khas, paling enak dibuat es campur atau dimakan langsung dengan pemanis.

Es timun suri sepertinya jadi sajian yang tak pernah terlewatkan saat berbuka, harganya yang murah dan mudah didapat ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan.

Di balik tekstur dan rasanya yang nikmat, buah berwarna kuning pucat ini mengandung sejumlah nutrisi seperti asam linoleat, glukosa, magnesium, saponin, fluktosa, vitamin A, kalium, potasium, dan kandungan lainnya untuk kesehatan.

Berikut 5 khasiat buah timun suri bagi kesehatan

1. Menghidrasi Tubuh

Buah timun suri memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air bisa membuat tubuh kamu tetap terhidrasi. Hal ini menjadikan timun suri sangat cocok disantap untuk berbuka puasa sebagai pelepas dahaga.Timun suri juga mengandung kalium, yaitu mineral yang penting yang menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Timbulnya sembelit atau bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, mulai dari kurang minum, pola makan buruk, hingga kurang bergerak aktif. Pola makan yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan bisa kamu mulai dengan memakan timun suri.

Buah yang kaya air dan serat ini bisa memperlancar sistem pencernaan karena bisa melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Seringkali bakteri bisa merugikan untuk tubuh. Kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat dengan makan dan minum bergizi, salah satunya adalah timun suri.

Timun suri mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan dalam flavonoid dapat bermanfaat dalam melawan bakteri penyebab penyakit, misalnya Streptococcus sp.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Timun suri menjadi buah yang aman untuk penderita diabetes. Karena kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan. Sehingga, lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama saat penderita diabetes berpuasa.

5. Kaya Antioksidan

Manfaat timun suri untuk ibu menyusui salah satunya adalah tinggi akan antioksidan. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan segala bentuk penyakit. Timun suri mengandung potasium, magnesium, vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Demikian 5 khasiat buah timun suri, ternyata tak hanya menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa, mengonsumsi timun suri juga dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network