Kantor UPTD SDA Lebak Selatan Kembali Digeruduk Petani dan Ormas

U Suryana
Kantor UPTD SDA Lebak Selatan Kembali Digeruduk Petani dan Ormas / Foto: Istimewa

Sementara di beberapa ruas aliran saluran irigasi sudah banyak terjadi sedimentasi. Selain itu, terdapat penyempitan sejak adanya pembangunan perumahan di daerah Simpang, Cilangkahan. Kemudian, di pertengahan ruas saluran terdapat armco yang  berada dibawah kedalaman tanah 5-10 meter dan tidak bisa dilalui aliran air.

"Untuk merehabilitasi saluran irigasi Cilangkahan II, diperlukan biaya yang cukup besar. Kami akan segera membuat perencanaan dan pemetaan kembali, termasuk perhitungan biaya yang diperlukan, sehingga saluran irigasi tersebut dapat diperbaiki," kata H Dade.

Daerah Irigasi (DI) Cilangkahan II untuk mengairi pesawahan petani di 3 (tiga) desa, yaitu; Desa Sukaraja, Desa Cilangkahan dan Desa Sukamanah. Pasokan air DI Cilangkahan II adalah sisa atau air buangan dari DI Cilangkahan I yang posisinya berada di hulu, sekarang tidak sampai ke Desa Sukamanah. Sementara debit air sudah berkurang, karena musim kemarau dan sudah banyak bangunan sehingga terjadi penyempitan saluran.

Dijelaskan H Dade, "Daerah Irigasi (DI) yang menjadi kewenangan Kabupaten Lebak sebanyak 463 DI yang tersebar di berbagai wilayah. Pemerintah Kabupaten Lebak, setiap tahunnya baru mampu memelihara dan memperbaiki sekitar 20 daerah saluran irigasi. Itupun anggarannya kisaran antara Rp 300 juta – Rp500 juta. Dengan  jumlah daerah irigasi sebanyak 463 saluran, maka diperlukan 20 tahun," jelas Dade.

Namun begitu, Pemkab Lebak melalui Dinas PUPR akan berupaya untuk bisa merealisasikan tuntutan para petani, yang diawali dengan mekanisme dan perencanaan, kebutuhan anggaran.

Editor : U Suryana

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network