Si Jago Merah Hanguskan Ponpes Miftahul Ulum di Warunggunung

U Suryana
Si Jago Merah Hanguskan Ponpes Miftahul Ulum di Warunggunung, Sabtu 16 Desember 2023 / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Ulum yang berlokasi di Kampung Oteng Cupu RT 002 RW 001, Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, ludes terbakar, diduga akibat korsleting listrik arus pendek, pada Sabtu (16/12/2023) sekira pukul 9.30 WIB.

Ponpes Miftahul Ulum, yang diasuh oleh Ustad A Ntar (54), bangunannya dua tingkat,  terdiri dari 27 kamar untuk santri, bangunan terbuat dari kayu, dinding geribik dan lantai pelupuh dari bahan bambu, yang mudah terbakar.

Saksi dalam peristiwa terbakarnya Ponpes Miftahul Ulum, Maman (42) warga setempat, mengatakan penyebab kebakaran tersebut diduga akibat dari korsleting listrik arus pendek.

"Sekira pukul 09.30 WIB, pada saat santri sedang istirahat di dalam salah satu kamar atau kobong Ponpes, yaitu Hadi dan Jaelani mencium bau barang terbakar di kamar atau kobong santri yang lainnya yakni Wisnu yang mana saat itu Wisnu sedang bekerja di rumah pengasuh Ponpes yang jaraknya berdekatan dengan Ponpes," ujarnya.

Selanjutnya, kata Maman, "Hadi dan Jaelani mengecek kearah sumber bau terbakar di kamar santri di bangunan Ponpes lantai dua, dan melihat banyak kepulan asap hitam serta bara api di atap yang sudah membakar rangka atap yang terbuat dari bambu dan dinding bangunan yang terbuat dari bilik bambu, termasuk lantai terbuat dari pelupuh bambu, sehingga api cepat membesar ditambah dengan tiupan angin yang kencang menyebabkan api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan Ponpes," terangnya.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network