Tuding Ada Pengkondisian Wartawan Soal Pengawasan DD, LSM di Pandeglang Bilang Begini

U Suryana
LSM Komunitas Pemantau Korupsi (KPK) Nusantara Perwakilan Banten/ foto : istimewa

PANDEGLANG, iNewsLebak.id - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Pemantau Kourupsi (KPK) Nusantara perwakilan Banten, meminta untuk awasi bersama soal pelaksanaan program Dana Desa (DD) untuk tahun 2024 ini. Hal ini agar program DD tersebut peruntukannya tepat sasaran.

Aminudin, selaku Ketua LSM KPK Nusantara Perwakilan Banten, mengatakan pihaknya akan mengawasi program DD di wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

"Kami dari LSM KPK Nusantara Perwakilan Banten, pada tahun 2024 sekarang akan mengawasi program DD di wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, supaya peruntukan DD tersebut tepat sasaran di tiap desanya," ujarnya. Jum’at  (01/03/2024).

Aminudin juga mengatakan aturan yang tertuang berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDDT Nomor 13 Tahun 2023 menjelaskan mengenai Petunjuk Operasional atas Fokus Penggunaan DD Tahun 2024, guna mendukung : 

• Penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk bantuan langsung tunai Desa (maksimal 25% dari pagu DD).

• Program ketahanan pangan dan hewani (minimal 20% dari pagu DD).

• Dana operasional pemerintah Desa (maksimal 3% dari pagu DD).

• Program pencegahan dan penurunan stunting skala Desa ; dan

• Program sektor prioritas di Desa melalui bantuan permodalan BUM Desa/BUM Desa bersama.

"Pagu DD yang telah diatur secara keseluruhan ini kemudian dapat dianggarkan sebesar 48% DD yang diperuntukkan pada pendanaan program/kegiatan yang telah diamanatkan dalam UU APBN. Kemudian sebesar 52% DD dapat digunakan untuk mendanai program/kegiatan sesuai kebutuhan warga dan berbagai permasalahan yang sedang dan telah terjadi di Desa," terang Aminudin.

Kata Aminudin, saat ini di beberapa desa se-Kabupaten Pandeglang, untuk DD tahap satu sudah mulai direalisasikan, maka dalam pelaksanaanya mengajak semuanya mengawasi bersama.

Aminudin mengatakan, di Pandeglang ada wacana bahwa pihak DPMPD Kabupaten telah menghimpun anggaran dari DD sebesar Rp2 juta dari tiap desanya, serta anggaran tersebut untuk pengondisian wartawan yang ada di wilayah Pandeglang, agar wartawan tersebut jangan sampai mendatangi tiap desa soal adanya pelaksanaan anggaran sumber dari DD.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network