Menengok Alun-alun Malingping Lokasi Konser The Virgin, Jaraknya Cuma 10 Meter ke Masjid dan PKM

Sandy
Alun-alun Malingping / Foto : Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak bakal menggelar Sarasehan Kemerdekaan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 pada Sabtu (24/8/2024) di Alun-alun Kecamatan Malingping, Lebak, Banten.

Acara sosialisasi tersebut bakal diisi dengan rangkaian pertunjukan musik, tari-tarian, hingga penampilan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Rangkasbitung. Untuk memikat warga, KPU bahkan mengundang penyanyi ibu kota The Virgin.

Lima hari jelang acara tersebut, KPU mendapat banyak kritikan dari beragam elemen masyarakat Malingping. Mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, aktivis, organisasi pemuda, hingga organisasi masyarakat (ormas).

Bukan agenda sosialisasinya yang disorot, tapi konser musiknya. Kegiatan konser dianggap berpotensi menggangu aktivitas warga. Dimana di sekitar lokasi Alun-alun Malingping terdapat beberapa fasilitas umum warga.

Salah satunya sarana peribadatan. Tepat di depan Alun-alun Malingping ada Masjid Agung Baiturrahim Malingping, jaraknya bahkan hanya 10 meter dari Alun-alun. Masjid ini merupakan masjid bersejarah kebanggaan warga Malingping.

Selain masjid, terdapat juga Puskesmas Rawat Inap Malingping. Jaraknya juga hanya 10 meter dari Alun-alun. Tak sedikit juga pasien yang menjalani rawat inap di fasilitas kesehatan tingkat I milik Pemkab Lebak ini.

Walaupun kerap jadi tempat ‘nongkrong’ warga Malingping, Alun-alun Malingping belum memiliki sarana prasarana yang menunjang. Seperti kantong parkir, hingga toilet umum. Bahkan tempat sampah pun terbilang minim.

Pada siang hari, beberapa pedagang kaki lima langganan ‘mangkal’ di sekeliling Alun-alun. Hal berbeda jika mulai menginjak sore hari, pedagang makin ramai, berdempetan, hingga menutup ‘wajah’ Alun-alun Malingping.

Tak tersedianya toilet, warga ‘terpaksa’ menggunakan fasilitas toilet Masjid Agung Baiturrahim. Ini pula yang kerap memicu kekecewaan pengelola jika ada event yang digelar di Alun-alun Malingping. Masjid menjadi kotor dan air untuk wudhu sering habis.

Dengan beragam alasan, dan kapasitas Alun-alun Malingping yang belum cukup memadai untuk dijadikan tempat konser artis ternama. KPU Lebak diminta mengevaluasi lokasi diselenggarakannya agenda tersebut.

Kabarnya, Camat Malingping Dadan Rusmana Wardana setelah mendengar saran dan masukan berbagai pihak, bakal melakukan koordinasi dengan Pemkab Lebak dan KPU Lebak.

Warga Malingping menunggu keputusan yang bijak dan terbaik, dan tetap memiliki komitmen kuat untuk siap mensukseskan Pilkada tahun 2024.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network