KH Ading Subarna, Lc, Tokoh Ulama Banten Selatan Wafat

U Suryana
KH Ading Subarna, Lc, Tokoh Ulama Banten Selatan semasa hidup / foto: istimewa

"Dia juga orangnya konsisten. Saya melihat Pa Haji Ading ini hidupnya murni dibaktikan untuk pendidikan Islam. Seluruh hidupnya dicurahkan untuk membesarkan Mathla'ul Anwar (MA). Jadi MA telah kehilangan beliau. Termasuk Lebak selatan telah kehilangan beliau. Semoga almarhum husnul khatimah, Aamiin," tutur Ahmad Ruyani, teman baik almarhum.

Diketahui, dalam perjalanan hidup almarhum di Malingping, paska rampung mondok dari Gontor, mendiang sempat melanjutkan pendidikan di jurusan Adab pada University of Madinah, Kerajaan Saudi Arabia sampai lulus pada 1982 dengan meraih gelar Licentiate (Lc). 

Sepulang dari menimba ilmu di Timur Tengah tersebut, almarhum memilih konsentrasi mengabdikan diri di Cikeusik Malingping untuk membesarkan wadah MA.

Wadah MA itu disiarkannya hingga kawasan Kabupaten Lebak sampai akhir hayatnya. Termasuk mengembangkan sayap Universitas Mathla'ul Anwar (Unma) Banten.

Teman kecil almarhum, KH Rujai, BA menyebut KH Ading sejak belia ikut ibu kandung bersama ayah sambung yang mengurus perguruan MA di Baksel.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network