Bicara Soal Maraknya Tambang Rakyat Ilegal di Lebak Selatan, Airin Punya Solusi?

Sandy
Airin Rachmi Diany saat deklarasi dukungan relawan Jangkar KB di Malingping / foto : istimewa

Lebak, iNewsLebak.id - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Banten Airin Racmi Diany dalam kegiatan safari politik dan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat di Lebak Selatan turut menyoroti maraknya kegiatan tambang rakyat yang ada di wilayah Banten Selatan.  

Mantan Walikota Tangerang Selatan ini tak menampik bahwa Ia sudah mendapat informasi terkait aktivitas tambang rakyat yang tak berizin. Bahkan pelaku tambang ilegal disebut Airin seringkali dikejar-kejar karena aktivitasnya tersebut. 

“Kami memahami dan menemukan izin pertambangan rakyat rakyat ingin ada legalitasnya. Yang kita temukan di lapangan penambang sudah turun temurun ada disitu karena tidak ada izin atau illegal maka dikejar-kejar,” ujar Airin, Kamis (19/9/2024) usai deklarasi Relawan Jangkar KB di Malingping. 

Saat ditanya wartawan apa yang akan dilakukan menyikapi persoalan tambang ilegal di Lebak Selatan, Airin mengatakan Ia akan melakukan kajian soal itu, “Ke depan kami akan lakukan kajian, penambangan itu tidak boleh merugikan kepentingan masyarakat dan alam sekitar,” ujarnya. 

“Kewenangan soal (tambang) itu ada di ranah provinsi dan kementerian, yakni ESDM. Soal perizinan Pemprov harus berkoordinasi dengan pusat.  Pemerintah harus hadir dan ada solusi bagaimana masyarakat bisa punya mata pencaharian tapi tidak merusak alam,” tambah politisi  Golkar tersebut. 

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network