SAKA Wanabakti Gelar Kejuaraan WSC S-5.2024 se-Lebak Selatan

U Suryana
SAKA Wanabakti Gelar Kejuaraan WSC S-5.2024 se-Lebak Selatan di Malingping, Sabtu, 28 September 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Satuan Karya Pramuka (SAKA) Wanabakti menggelar kejuaraan Wanabakti Scout Challenge Season V Tahun 2024 (WSC S-5.2024) se-Lebak Selatan bertemakan "Wanabakti Seru".

Kegiatan tersebut bertempat di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al-qudwah Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (28/9/2024). 

Pada gelaran WSC tahun 2024 ini ada beragam macam perlombaan, untuk tingkatan Penegak diantaranya; Bank Soal, Sandi (SMS), Lomba Baris-berbaris dan Yel-yel, Kreasi Pioneering, dan Busana Limbah. 

Sedangkan untuk ditingkat Penggalang terdiri macam-macam lomba yaitu; Bank Soal, Sandi (SMS), Karya Seni Grafiti, Kreasi Yel-yel dan Miniatur Pioneering.

Ketua Dewan SAKA Wanabakti Malingping, Ali Rijwan menyampaikan bahwa ajang kejuaraan WSC ini masif diadakan dan menjadi agenda tahunan SAKA Wanabakti Malingping. 

Ali Rijwan juga mengatakan WSC telah menjadi sarana penyaluran minat dan daya kreasi anggota pramuka penegak/penggalang pada konteks kepramukaan dalam binaan Satuan Karya. 

"WSC ini masif digelar dan telah menjadi ajang tahunan, outputnya adalah sebagai sarana penyaluran minat dan daya kreasi anggota penegak dan penggalang se-Lebak Selatan," ujarnya.

Sementara Hendrik Arrizqy, mengatakan terdapat arti kiasan pada gelaran WSC-5 ini. Demisoner Ketua SAKA Wanabakti Ranting Malingping Masa Bakti 2021-2023 yang sekarang bertupoksi sebagai pembantu pamong (pembina) itu menjelaskan Bendera Wanabakti tidak dipasang pada tiang alias dikosongkan, berbeda dengan setiap gelaran eventnya.

Alasannya yaitu karena dibawa oleh para delegasi Malingping ke Perkemahan Bakti SAKA Wanabakti dan Kalpataru (Pertikawan) Nasional ke-XI di Cibubur, Jakarta Timur. 

"Terkait Bendera SAKA Wanabakti yang tidak dipasang tersebut, kami menjadikannya sebagai arti kiasan pada gelaran WSC Season V ini. Karena agendanya bertepatan dengan Pertikawan Nasional XI di Cibubur, sehingga harus dibawa oleh para delegasi. Ada 3 orang dari Malingping yang berangkat," ucap Hendrik Arryzqi.

Alhasil dari akumulasi nilai setiap cabang lomba, SMKN 1 Malingping ditetapkan sebagai juara umum pada tingkatan penegak, sedangkan di tingkat penggalang diraih oleh SMPN 1 Wanasalam.

Kemudian di kategori juara pavorit, di tingkatan penggalang diraih oleh MTs Maulana Yusuf-Malingping. Sedangkan di tingkat penegak pihak penyelenggara memutuskan juara pavorit bersama antara SMAN 1 Cijaku dan SMA Fathi Qolbi Binuangeun, setelah hasil telusur menyatakan adanya kesamaan nilai.

Nampaknya panitia mengambil langkah ini sebagai wujud gelaran Wanabakti Scout Challenge (WSC) yang transparan dan profesional.

Disamping itu, ini merupakan kali kedua bagi SMKN 1 Malingping menjuarai kejuaraan WSC tingkat penegak setelah sebelumnya meraih juara umum pada WSC edisi pertama di tahun 2018.

Sama halnya demikian, SMPN 1 Wanasalam juga telah mencatatkan dua kali juara umum setelah sebelumnya didapat pada gelaran WSC-3.2022.

Terakhir, menjelang senja diiringi dengan guyuran hujan lebat, kegiatan ditutup oleh Kak Iwan Setiawan, S.T selaku Majelis Pembimbing (Mabi) SAKA Wanabakti Malingping, yang sekarang menjabat Asper BKPH-Malingping.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network