Mengenal Monetisasi dan Bagaimana Cara Kerjanya di TikTok dan YouTube

Abi Rama Wicaksono
Monetisasi melalui platform TikTok dan YouTube. (Foto: Freepik)

LEBAK, iNewsLebak.id - Sebagian dari kita pasti tidak asing dengan istilah monetisasi pada berbagai aplikasi seperti TikTok dan YouTube. Dalam KBBI sendiri istilah monetisasi diartikan sebagai mengonversi suatu barang/ aset menjadi sumber penghasilan.

Dalam hal ini, para kreator konten menggunakan istilah monetisasi untuk menggambarkan proses menghasilkan uang dari konten yang mereka unggah, melalui hubungan yang terjalin dengan audiens mereka.

Lantas, bagaimana cara kerja monetisasi pada media sosial?

TikTok

Jenis dan Syarat

  1. Gift

TikTok menyediakan fitur yang memungkinkan kreator mendapatkan uang dari hadiah (gift) yang dikirimkan oleh pengguna lain saat menonton video mereka. Agar fitur ini aktif, kreator harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Memiliki setidaknya 1.000 pengikut
  • Video harus lolos pemeriksaan keamanan
  • Aktif setidaknya selama 30 hari terakhir
  1. TikTok Live

Para kreator dapat memperoleh pendapatan dari langganan yang diberikan oleh penonton saat mereka melakukan siaran langsung. Untuk mengaktifkan fitur monetisasi ini, perhatikan persyaratan berikut: 

  • Memiliki setidaknya 1.000 pengikut
  • Memiliki akses untuk melakukan siaran langsung (live)


Editor : Imam Rachmawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network