get app
inews
Aa Read Next : Aksi Heroik Pegawai Dishub Banten Bawa Ibu Hamil ke Puskesmas Pakai Mobil Dinas

TEGAS! SDM Sosial Kecamatan Malingping dan Wanasalam Imbau E-Warong Tak Sediakan Paket Sembako BPNT

Rabu, 08 Maret 2023 | 06:34 WIB
header img
Ilustrasi e-warong / Kemensos

LEBAK, iNewsLebak.id – Kementerian Sosial (Kemensos) menegaskan bahwa skema penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak lagi menggunakan e-warong. Selain itu, pencairan bansos PKH juga akan dilakukan dengan menggunakan Bank Himbara dan juga PT Pos Indonesia.

Hal itu termaktub dalam Surat Edaran Mensos tertanggal 24 Februari Nomor : S-171 /MS/BS.00.01/2/2023 Tentang Penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako. Dan merujuk Keputusan Dirjen Pemberdayaan Sosial Nomor: 120/05/HK.01/08/2022 Tentang petunjuk tekhnik pelaksanaan Program Sembako.  

Dan Permensos Nomor: 101/HUK/2022 tentang pelaksanaan program sembako dan PKH serta menyikapi Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2017 bahwa bantuan sosial diperbolehkan penarikan tunai atau barang.

Sehubungan dengan hal tersebut, Koordinator SDM Sosial Malingping mengimbau kepada para agen e-warong untuk mengindahkan hal tersebut dan tidak menyediakan paket sembako atau mengarahkan KPM untuk membeli paket sembako di e-warong.

Sebagai penegasan, Koordinator SDM Sosial Malingping menerbitkan surat edaran Nomor : 006/SDM-SOS-MLP/III/2023, tertanggal 7 Maret 2023, yang ditembuskan kepada Camat Malingping dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Malingping.

“Jika masih ada penyimpangan yang ditemukan di lapangan, KPM bisa langsung meghubungi hotline bansos Kemensos, atau media sosial Kemensos, dan bisa juga ke nomor HP atau WA SDM Sosial Malingping,” kata Koordinator SDM Sosial Malingping, Dindin Haerudin.

Sementara itu, hal serupa juga dilakukan SDM Sosial Wanasalam dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor : 001/SDM-SOS-WNS/III/2023. Lagi-lagi ditegaskan, e-warong diimbau untuk tidak melakukan penggiringan kepada KPM dan tidak menyediakan paket sembako.

Sebelumnya, dalam RDP dengan Kemensos beberapa waktu lalu, Komisi VIII DPR RI memberikan rekomendasi penyaluran bansos dilakukan dengan cara tunai. Hal ini terkait banyaknya penyimpangan saat penyaluran BPNT.

Hingga akhirnya disepakati bahwa penyaluran bansos PKH dan BPNT berbentuk uang tunai melalui Bank Himbara, dan dapat ditarik melalui ATM rekening masing-masing penerima manfaat. Diharapkan penyaluran BPNT dengan sistem tunai membuat masyarakat lebih mudah untuk membelanjakannya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut