get app
inews
Aa Read Next : Aksi Heroik Pegawai Dishub Banten Bawa Ibu Hamil ke Puskesmas Pakai Mobil Dinas

Forkopimcam Malingping Penanaman Mangrove Nasional Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia

Senin, 15 Mei 2023 | 21:42 WIB
header img
Forkopimcam Malingping bersama sama penanaman mangrove nasional serentak jajaran TNI, di Danau Talanca, Senin 15 Mei 2023 / Foto : Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Malingping ikut melaksanakan penanaman pohon mangrove yang diadakan secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia dengan tema "Mangrove For Better Life", Senin (15/5/2023).

Penanaman pohon mangrove ini bertempat di Danau Talanca, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. 

Hadir dalam acara penanaman pohon mangrove di Danau Talanca; Plt Camat Malingping Usep Atori beserta jajaran, Waka Polres Lebak Kompol Arya Fitri Kurniawan, S.I.K, S.H, Kapolsek Malingping AKP Sugiar Ali Munandar S.H beserta anggota, Kasdim 0603/Lebak Mayor Ismail mewakili Dandim, Danramil 0313/Malingping Kapten Chb Sugandi beserta anggota, Perwakilan Pemerintah Desa Cilangkahan, Pokdarwis Cilangkahan dan yang lainnya.

Plt Camat Malingping Usep Atori mengatakan pihaknya mengikuti penanaman pohon mangrove bersama Forkopimcam di Danau Talanca.

"Hari ini kami bersama-sama mengikuti penanaman pohon mangrove yang diadakan secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia. Forkopimcam Malingping beserta yang lainnya melaksanakan penanaman pohon mangrove di Danau Talanca Desa Cilangkahan," ujarnya.

Usep Atori sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, karena selain bermanfaat untuk menjaga ekosistem di pesisir pantai juga melindungi masyarakat daerah pesisir ini dari abrasi.

"Wilayah Danau Talanca merupakan daerah garis pantai di Kecamatan Malingping, tanaman mangrovenya sering dirambah dan banyak mati. Karena itu kegiatan penanaman penghijauan merupakan salah satu langkah pencegahan demi mewujudkan dan menyelamatkan alam di Kabupaten Lebak khususnya Kecamatan Malingping," ucapnya. 

Menurut Usep Atori, penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk kepedulian TNI dan stakeholder terkait terhadap lingkungan dan antisipasi terjadinya abrasi di kawasan Danau Talanca.

Lebih lanjut disampaikan Usep Atori, bahwa selain sebagai program penghijauan dan mencegah abrasi, penanaman pohon mangrove ini nantinya sebagai tempat berkembangnya ekosistem di Danau Talanca.

"Hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, diantaranya mencegah intrusi air danau, abrasi dan erosi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota danau, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir," jelasnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut