get app
inews
Aa Read Next : Di Wanasalam, Pasir Laut Dijarah untuk Industri Hebel, Dewan Asep AW Tak Tinggal Diam

Sejumlah OKP di Kecamatan Wanasalam Tanam Ratusan Pohon Cemara

Senin, 04 Desember 2023 | 01:46 WIB
header img
Sejumlah OKP di Kecamatan Wanasalam tanam ratusan Pohon Cemara, Minggu 3 Desember 2023 / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang ada di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menggelar bakti sosial penanaman pohon cemara, pada Minggu (03/12/2023) siang.

Ratusan pohon cemara tersebut ditanam di sekitaran pesisir Pantai Tenjolaya, Desa Sukatani, Kecamatan Wanasalam. Hal ini dalam rangka mencegah terjadinya abrasi di pesisir pantai selatan Jawa. 

Kegiatan yang bertajuk Lestarikan Wanasalam dengan menanam pohon Cemara dan selamatkan pantai dari sampah plastik, ini merupakan kecintaan sejumlah komunitas serta instansi yang berada di Kecamatan Wanasalam.

Penanaman pohon cemara ini diikuti puluhan orang yang terdiri dari Instansi Pemerintah, Anggota KNPI, Karang Taruna Desa Wanasalam, Mahasiswa Taktis Demokratis Wanasalam (MATADEWA), Forum Komunikasi PASKIBRA Sekolah Kecamatan Wanasalam, Himpunan Santri Banten Selatan (HISBANS), Pelajar OSIS SMP Negeri 1 Wanasalam, Sekolah Alam Wanasalam dan Kelompok Relawan.

Ketua Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Wanasalam Herdiana Darma, menjelaskan, banyak tujuan dari kegiatan ini, mulai dari pencegahan perubahan iklim hingga menjaga lingkungan.

Disisi lain, saat ini hutan kian hari semakin sedikit, perairan kerap dipenuhi sampah plastik yang tak jarang terbawa arus hingga ke samudera dan menjadi konsumsi binatang laut.

"Dengan menanam pohon di sepanjang pantai juga bisa mencegah laju gelombang tsunami. Rasanya kita harus menyadari betapa pentingnya tempat ini bagi keberlangsungan peradaban manusia dan ekosistem pantai dan laut," ujar Herdiana Darma.

Setelah selesai penanaman pohon, kata Herdiana Darma, dilanjutkan dengan diskusi bersama tentang lingkungan hidup dan diakhiri dengan makan bersama di pesisir Pantai Tenjolaya.

"Dengan diadakannya diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa, pelajar dan masyarakat, khususnya untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap lestari," pungkasnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut