get app
inews
Aa Read Next : Marak Kasus DBD, Ikatan Mahasiswa Cilangkahan Gelar Audiensi Bersama Dinkes Lebak

Cegah DBD, Puskesmas Cihara Bersama Pemdes Karangkamulyan Lakukan Penyuluhan pada Warga

Rabu, 10 Januari 2024 | 14:00 WIB
header img
Cegah DBD, Puskesmas Cihara Bersama Pemdes Karangkamulyan Lakukan Penyuluhan pada Warga, Rabu 10 Januari 2024 / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Setelah ada beberapa orang warga di Kampung Cibobos, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, yang dinyatakan positif terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), kini Puskesmas Kecamatan bersama Pemerintah Desa Karangkamulyan, melakukan penyuluhan kepada Warga Kampung Cibobos, Rabu (10/01/2024). 

Sebelumnya, Saudara Jali (10) dan beberapa warga yang lain di Kampung Cibobos, Desa Karangkamulyan dinyatakan positif DBD dan dirawat di Puskesmas Cihara.

Tak mau ada lagi warganya yang terkena DBD maka Pemerintah Desa Karangkamulyan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Cihara melakukan penyuluhan. 

Warga yang dinyatakan positif DBD bukan hanya di wilayah Desa Karangkamulyan saja, melainkan di Desa Cihara juga ada warga yang dinyatakan positif DBD sampai harus dilarikan ke RSUD Malingping, warga tersebut adalah Saudari Risa (33) warga Kampung Cimundu.

Kepala Puskesmas Cihara Hermansyah, menjelaskan terkait penyuluhan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas yang didampingi Pemdes setempat.

"Pada hari ini kami dari pihak Puskesmas Cihara didampingi oleh Pemdes Karangkamulyan melakukan penyuluhan kepada warga di Kampung Cibobos terkait adanya kasus DBD, penyuluhan dilakukan setelah menindaklanjuti hasil dari tarking di Desa Karangkamulyan," katanya.

Hermansyah juga mengatakan kalau hari ini melakukan penyuluhan kepada warga Desa Cibobos dan mengutamakan membasmi sumber jentik nyamuk serta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

"Dalam penyuluhan ini, kami dan pihak Pemdes Karangkamulyan akan melakukan bersih-bersih lingkungan, terlebih dahulu bersama warga kita membasmi sumber jentik nyamuk serta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), masyarakat pun merespon cukup baik," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Karangkamulyan Suherna Wijaya, mengatakan, setelah sebelumnya pihaknya mendapat informasi bahwa ada beberapa warga yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), pihak Pemdes Karangkamulyan langsung menghubungi pihak Puskesmas Cihara, setelah dibenarkan oleh pihak Puskesmas bahwa ada warganya atas Nama Jali (10) warga Kampung Cibobos RT 002, RW 004.

"Setelah kami mendapat laporan ada warga yang terkena DBD, Kami Pemerintah Desa Karangkamulyan segera berkordinasi dengan pihak Puskesmas Cihara untuk melakukan penyuluhan kepada warga, yang mana kegiatan ini untuk mencegah adanya korban lagi di wilayah Cibobos khususnya di Desa Karangkamulyan," ungkapnya.

Setelah pihak Puskesmas Cihara dan Pemerintah Desa Karangkamulyan melakukan penyuluhan terkait DBD kepada masyarakat,  warga diberikan Abate oleh pihak Puskesmas supaya dituangkan kedalam bak mandi dan tempat-tempat penyimpanan air lainnya, hal itu untuk mencegah nyamuk berkembang biak di tempat penyimpanan air di dalam dan di luar rumah.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut