get app
inews
Aa Read Next : Dua ABG di Rangkasbitung Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Galian Pasir

Khotib Sholat Idul Fitri di Alun-alun Rangkasbitung Ungkapkan Karakter Orang Bertaqwa

Rabu, 10 April 2024 | 19:07 WIB
header img
Khotib Sholat Idul Fitri di Alun-alun Rangkasbitung Ungkapkan Karakter Orang Bertaqwa, 10 April 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Khotib Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah KH Ahmad Hudori dihadapan ribuan jamaah Shalat Idul Fitri di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, mengungkapkan bulan suci Ramadhan yang baru dilewati umat Islam mampu menjadikan manusia bertakwa kepada Allah SWT, dengan menjalani ibadah wajib puasa sehingga mendapatkan pahala berlipat ganda, ampunan serta dijauhkan dari api neraka, Rabu (10/4/2024) pagi.

"Bulan Ramadhan sebagai ujian bagi Umat Muslim untuk melaksanakan puasa dengan menahan lapar, haus, hubungan seksual dan lainnya tentu dapat membentuk karakter manusia bertaqwa," kata Kyai Ahmad Hudori.

Pandangan Islam, ujar dia, bahwa orang yang bertaqwa kepada Allah SWT itu menjadikan derajat yang tinggi kemuliaan manusia dengan sempurna setelah mereka lulus menjalani perintah dan menjauhi semua larangannya selama bulan Ramadhan.

Dimana, lanjut dia, orang bertaqwa itu sebagai mana dalam Alquran  Surah Ali 'Imran Ayat 134 yang artinya "Yaitu orang-orang yang selalu berinfak, baik diwaktu senang maupun susah, orang-orang yang menahan amarah, dan orang-orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan, Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan".

Karena itu, ciri-ciri orang yang bertaqwa harus memiliki tiga karakter atau sifat yang melekat pada jiwanya yakni, pertama mereka gemar berinfak atau bersedekah dengan solidaritas sosial tinggi untuk membantu empati sesama manusia yang membutuhkan uluran tangan baik diwaktu  senang maupun susah.

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut