get app
inews
Aa Read Next : Bahas Hal Strategis, SMSI dan Kedubes Iran Sepakat Jalin Kerja Sama

Kades Cilangkahan Bahas Kerja Sama Pengelolaan Lahan Wisata Danau dan Pantai Talanca

Senin, 10 Juni 2024 | 09:42 WIB
header img
Kades Cilangkahan Yosa Fairuz Rohmi membahas kerja sama pengelolaan lahan wisata Danau dan Pantai Talanca, Jum'at 7 Juni 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Kepala Desa Cilangkahan Yosa Fairuz Rohmi bersama Yusri selaku perwakilan pihak perusahaan PT Alpha Centauri Kartika, membahas rancangan kerja sama pengelolaan lahan wisata terpadu Danau dan Pantai Talanca.

Acara Pembahasan kerja sama pengelolaan lahan wisata terpadu Danau dan Pantai Talanca, bertempat di Kantor Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Jum'at (7/6/2024).

Pembahasan kerja sama pengelolaan lahan wisata terpadu Danau dan Pantai Talanca tersebut berlangsung lancar dengan suasana cair meski terkadang adu argumen terjadi. 

Hadir dalam acara pembahasan kerja sama pengelolaan lahan wisata terpadu Danau dan Pantai Talanca; Kepala Desa Cilangkahan Yosa Fairuz Rohmi, Yusri selaku perwakilan pihak perusahaan PT Alpha Centauri Kartika, Ketua Kelompok Sadar Wisata Yeni Mulyani dan disaksikan Taufik Hidayat selaku ketua Badan Permusyawaratan Desa Cilangkahan yang didampingi Ketua bidang Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Muhitrisno.

Kepala Desa Cilangkahan Yosa Fairuz Rohmi yang memimpin musyawarah menegaskan keseriusan pemerintah Desa dalam rencana pengembangan dan penataan kawasan Danau dan Pantai Talanca untuk kegiatan pariwisata.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Adji Tunas selaku pemegang HGB Kawasan hutan lindung blok Talanca yang mau memberikan pengelolaan lahan seluas 20.000 m² kepada Pemerintah Desa Cilangkahan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Yosa, perjanjian kerja sama yang dibahas pada saat ini sangat penting, supaya keinginan semua pihak bisa diakomodir.

Pihak PT Alpha Centauri Kartika sendiri sebenarnya sudah lama punya niat memberikan pengelolaan sebagian kecil lahan kepada Pemerintah Desa Cilangkahan, hal tersebut diungkapkan oleh Yusri saat memberikan pandangannya.

"Semenjak dari kepemimpinan kepala desa sebelumnya, kami sudah memberikan izin pengelolaan lahan kepada Pokdarwis, harapan kami seperti yang disampaikan oleh Pak Adji, pengelolaannya bisa transparan dan selalu berkoordinasi dengan pihak PT Alpha Centauri," ungkapnya.

Pembahasan pasal demi pasal, draft kerja sama yang dipandu oleh BPD berakhir lebih cepat dari yang di perkirakan, hanya ada perubahan kecil beberapa di pasal teknis pengelolaan.

Taufik Hidayat yang memberikan pendapat di sesi diskusi, mengungkapkan apresiasi kepada Kepala Desa Cilangkahan yang sukses menyelesaikan draft perjanjian hingga disetujui oleh pihak perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (HGB) blok Talanca.

"Semoga perjanjian ini bisa secepatnya ditanda tangani oleh Pak Adji selaku Direktur PT Alpha Centauri Kartika, agar pemerintah  punya kekuatan hukum bila nanti menggelontorkan anggaran pengembangan blok Talanca untuk kawasan wisata terpadu," ucapnya.

Taufik merasa yakin potensi wisata kawasan Danau dan Pantai Talanca sangat besar, dan program peningkatan ekonomi masyarakat serta peningkatan Pendapatan Asli Desa bisa tercapai.

Setelah selesai direvisi, perjanjian kerja sama diserahkan kepada Yusri selaku pihak perusahaan untuk disampaikan kepada Direktur PT Alpha Centauri Kartika Adji Tunas agar ditandatangani.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut