get app
inews
Aa Read Next : Cabup Cawabup, Cagub Cawagub Siap-siap! UNMA Bakal Gelar Uji Gagasan Bacakada

KEJUTAN PRABOWO UNTUK BANTEN

Senin, 01 Juli 2024 | 08:26 WIB
header img
Prabowo Subianto / Foto : MNC

Oleh : Lazarus Sandy

(Pemerhati Politik Lokal – Pemred iNewsLebak.id)

BANTEN,InewsLebak.id - Partai Gerindra resmi mengusung duet Andra Soni -Dimyati Natakusumah sebagai bakal cagub dan cawagub Pilgub Banten 2024. Dukungan resmi tersebut setelah sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyerahkan Surat Kuputusan (SK) yang telah ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto.

"Pada hari ini, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Sekjen Partai Gerindra, Pak Ahmad Muzani, akan menyerahkan Surat Keputusan dari Partai Gerindra terhadap calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten Pak Andra Soni dan Pak Dimyati Natakusumah yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto," kata Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di kawasan BSD, Minggu (30/6/2024).

Muzani juga membeberkan, ia bersyukur dan berterima kasih kepada partai-partai yang bakal mendukung pasangan tersebut. Diantaranya PKS, PAN, Partai NasDem, PSI, PKB, dan PPP. Ia juga mengaku sedang menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Dengan demikian, tujuh partai politik satu barisan mendukung paslon Andra Soni – Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024.

Tentunya, ini sangat mengejutkan bagi peta politik di Banten, karena jauh-jauh hari sebelumnya, Prabowo memberi sinyal dukungan kepada mantan Walikota Tangsel, Airin Rahmi Diany, yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo – Gibran pada Pilpres lalu.

“Ibu Hajah Airin Rachmi Diany, Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo – Gibran provinsi Banten. Insya Allah Gubernur Banten sebentar lagi,” kata Prabowo dalam kesempatan menghadiri acara relawan Ndaru Bersalawat di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, akhir Januari 2024 lalu.

Dianggap sebagai “Deklarasi Emosional”

Sinyal duet Andra Soni – Dimyati Natakusumah pertama kali dilontarkan dalam akun media sosial Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, pada Kamis (27/6/2024) dan langsung mendapat komentar beragam. Bahkan salah satu pengamat politik dari Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT), Megi Primagara mengatakan, duet Andra – Dimyati merupakan “deklarasi emosional”.

Hal ini lantaran Gerindra merasa kecewa karena calonnya tidak digandeng oleh Airin. Airin disebut-sebut lebih memilih PDI Perjuangan sebagai teman koalisi di Pilgub Banten. Gerinda sendiri merasa ditarik ulur, sedangkan parpol punya limit waktu dan program partai termasuk konsolidasi untuk pemenangan Pilkada yang terus berjalan.

Pengamat : Duet Andra – Dimyati ‘Cek Ombak’

Analisis Dosen Ilmu Politik sekaligus Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia (UI), mengatakan pemngumuman duet Andra Soni – Dimyati Natakusumah oleh Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di media sosial, dalam rangka penjajakan dan ‘cek ombak’.

“Mungkin lagi test on the watter kali ya,” ujar Aditya, Jumat (28/6/2024), seperti dikutip dari alah satu portal media nasional.

Ia menekankan, bahwa dinamika di Pilgub Banten 2024 masih sangat cair, walaupun Sufmi Dasco telah mem-posting gambar Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Kejutan Prabowo untuk (Pilgub) Banten

Analisa politik yang menyebut duet Andra Soni – Dimyati Natakusumah sebagai “deklarasi emosional” dan “cek ombak” akhirnya terjawab. Tak sampai sepekan setelah sinyal duet Anda – Dimyati ramai di media sosial, Partai Gerindra dan gabungan parpol lainnya langsung menegaskan deklarasi dukungan pada keduanya, Minggu (30/6/2024) kemarin. Bahkan Dasco menekankan, surat keputusan tersebut sudah ditandatangani langsung oleh Prabowo Subianto.

Ini tentunya merupakan suatu kejutan dari Prabowo Subianto untuk Banten. Airin yang pernah disebut sebagai ‘the next governor’ mungkin saja harus legowo untuk tak lagi didukung oleh Ketua Umum Gerindra yang juga presiden terpilih 2024 – 2029.

Penulis meyakini, pegalihan dukungan itu bukan hanya sekedar bicara dukung mendukung, atau menang dan kalah dalam kontestasi Pilgub lima tahunan. Tapi ada grand desain Prabowo untuk Banten dengan membentuk koalisi Banten Maju. Tentunya untuk perubahan dan perbaikan, demi kesejahteraan rakyat Banten dan pemerataan.

Banten yang kini memegang predikat sebagai Provinsi di Indonesia yang paling tidak bahagia, dan yang tertinggi angka penganggurannya, dirasa sangat perlu intervensi dari pemerintah pusat. Intervensi ini tentunya akan berjalan harmonis dan selaras, jika pucuk pimpinan tertinggi linier dengan pemimpin daerah. Lewat 8 program strategis, Prabowo – Gibran siap menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk Provinsi Banten.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut