get app
inews
Aa Read Next : Tuntut Janji ke PT Cemindo Gemilang, Forkomba akan Gelar Aksi

Dukung DOB Cilangkahan, Ratusan Pemuda Cihara Siap Ikut Aksi ke Istana Negara dan DPR RI

Senin, 29 Juli 2024 | 00:17 WIB
header img
Dukung DOB Cilangkahan, Ratusan Pemuda Cihara Siap Ikut Aksi ke Istana Negara dan DPR RI / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Dalam rangka memperjuangkan DOB Cilangkahan, sebanyak lebih dari 120 pemuda dari Gen-Z Kecamatan Cihara siap bergabung dalam aksi damai di Istana Negara dan DPR RI pada 31 Juli mendatang.

Pemuda dari sembilan desa itu bahkan telah berkumpul dan bermusyawarah di Pantai Karang Meja, Desa Cihara, pada Minggu (28/7/2024).

Rapat ini menunjukkan antusiasme mereka untuk ikut serta dalam aksi yang diprediksi menjadi yang terbesar dalam sejarah perjuangan DOB Cilangkahan. Pasalnya, ada 5.000 massa aksi yang terlibat.

Aksi ini merupakan bukti nyata tekad kuat masyarakat Banten Selatan untuk mendapatkan hak otonomi mereka. Tak hanya aktivis dan tokoh masyarakat, bahkan para ulama pun turun tangan memperjuangkan terbentuknya DOB Cilangkahan.

Gozwani selaku Koordinator kecamatan Cihara, menyatakan bahwa berbagai persiapan keberangkatan ke Jakarta telah dibahas, termasuk menginventarisasi jumlah pemuda dari sembilan desa untuk memperkuat massa aksi damai tersebut.

"Dalam musyawarah ini, kami membahas keberangkatan pada hari Selasa, 30 Juli 2024. Sebanyak 120 pemuda dari Gen-Z Kecamatan Cihara akan berangkat dari sembilan desa," kata Gozwani.

Sementara itu Koordinator Armada, Jaya, menambahkan bahwa dua bus telah disiapkan untuk mengangkut para pemuda.

"Kami akan menggunakan dua bus untuk 120 pemuda. Ada dua titik kumpul: Desa Panyaungan, Karangkamulyan, dan Mekarsari akan berkumpul di Sekretariat Karang Taruna Desa Karangkamulyan, sementara yang lainnya di Pertigaan Cihara. Kita harus sudah berada di dalam bus pada pukul 17.00 WIB," jelas Jaya.

Jaya berharap, aksi ini menjadi langkah besar menuju pengesahan DOB Cilangkahan, dengan semangat dan tekad yang membara dari para pemuda dan masyarakat Banten Selatan.

Pemuda Tani Cihara atas nama A.M. Mukhlis juga berangkat bersama Pemuda Cihara menuju istana negara di jakarta, dan menurutnya ini murni atas dasar keinginan masyarakat.

Mukhlis juga berpendapat bahwa keinginan berpisah atau membentuk DOB Cilangkahan yang baru adalah harapan semua masyarakat Kecamatan Cihara khususnya, umumnya adalah kehendak semua masyarakat di Kabupaten Cilangkahan, melihat dari uporia dan antusias masyarakat dari berbagai golongan. 

"Termasuk pemuda yang terhimpun sebagai pemuda tani yang berkarir di bidang pertanian khusus di pertanian yang bergerak di bidang Gula Aren Cihara," ucapnya.

Beliu juga siap menyampaikan gagasan tentang korelasi pertanian yang dapat menumbuh kembangkan persoalan ekonomi di bidang pertanian. Dan semua yang tergabung dalam petani muda milenial penghasil gula aren di Kecamatan Cihara siap ikut serta meramaikan aksi damai pada 31 Juli 3024 di Jakarta.

"Itu semua sebagai bentuk dukungan moril dari Pemuda Tani Cihara yang mengharapkan pemekaran Kabupsten Cilangkahan," ungkapnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut