get app
inews
Aa Read Next : Bantu Petani, PUPR Banten Lakukan Pompanisasi Penambahan Debit Air Irigasi Cibinuangeun

PUPR Banten Lakukan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Cikoncang

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 05:51 WIB
header img
Exavator PUPR Provinsi Banten mengeruk tanah/lumpur di Jaringan Irigasi Cikoncang, Kamis 29 Agustus 2024 / iNews Lebak U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.id - Jaringan irigasi merupakan infrastruktur yang diharapkan mampu memberikan pelayanan pada pertanian dalam waktu panjang. 

Jaringan irigasi dibangun dengan dana mahal sehingga seringkali orang berfikir bahwa setelah pembangunan selesai maka kewajiban terhadap jaringan irigasi sudah selesai dan pengguna tinggal menunggu pelayanan.

Kenyataannya jaringan irigasi memerlukan kegiatan pengelolaan yang disebut dengan operasi dan pemeliharaan (O&P).

Dengan hal tersebut, PUPR Provinsi Banten melaksanakan pemeliharaan dengan melakukan pengerukan tanah atau lumpur di Jaringan Daerah Irigasi (DI) Cikoncang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

Pengerukan tanah atau lumpur di Irigasi Cikoncang ini menggunakan alat berat exavator mini, mengutamakan yang terlihat tanah atau lumpur menumpuk.

Petugas lapangan Daerah Irigasi Cikoncang, Madrohim, mengatakan pengerukan tanah atau lumpur dimulai pada Kamis 29 Agustus 2024 hingga dianggap selesai.

"Pada hari ini kami dari PUPR Provinsi Banten melakukan pemeliharaan Daerah Irigasi Cikoncang dengan titik awal yaitu di pesawahan blok Cicurugrug Desa Parungpanjang, Kecamatan Wanasalam, hingga selesai," ujarnya, saat ditemui wartawan di lokasi, pada Kamis (29/8/2024).

Madrohim juga mengatakan pengerukan tanah atau lumpur di Irigasi Cikoncang mengutamakan yang dianggap menumpuk.

"Yang kami kerjakan pada saat ini yaitu pengerukan lumpur yang menumpuk tinggi, dan puing-puing tembok yang mengganggu aliran air di Irigasi Cikoncang ini," ucapnya.

Kata Madrohim, pengerjaan pengerukan tanah atau lumpur di Irigasi Cikoncang ini sebagai respon PUPR terhadap usulan masyarakat.

"Sebelumnya ada usulan-usulan dari masyarakat dan Alhamdulillah tahun 2024 ini banyak pengerjaan yang dilakukan PUPR Banten. Semoga kedepannya bisa sesuai dengan apa yang diharapkan," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Endang Jamri, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Parungpanjang mengucapkan terima kasih kepada PUPR Provinsi Banten yang telah respon atas keluhan dan usulan-usulan masyarakat khususnya para petani.

"Terima kasih PUPR Banten yang senantiasa sudah merespon usulan yang kami keluhkan, sehingga pada hari ini dilakukannya pengerukan lumpur di Irigasi Cikoncang ini. Untuk kedepannya, kami berharap pemeliharaan Irigasi Cikoncang rutin dilakukan," ungkapnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut