get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Cihara Krisis Air Bersih, Agus Rusmana Ingatkan Camat Soal Sense of Crisis

Pak Dewan dan BPBD Harus Tahu, Ribuan Warga Desa Muara Krisis Air, Bantu Kirim Air Bersih!

Rabu, 25 September 2024 | 07:29 WIB
header img
Krisis air bersih di Desa Muara / Foto : Istimewa

Untuk itu, Kades Ujang  mengirim surat permohonan bantuan pengadaan air bersih yang ditujukan kepada Kepala BPBD Provinsi Banten dengan surat Nomor: 338/52-Kep.Des/2024 tanggal 23 September 2024 dengan tembusan Camat Wanasalam dan BPD Desa Muara.

Desa Muara berpenduduk sebanyak 12.654 jiwa yang terbagi dalam 4.100 kepala keluarga (KK). Dari 27 RT yang ada di desa ini, empat RT yang berada di wilayah Karang Malang, Karang Kencana, dan Karang Anyar mengalami kesulitan paling parah. 

Warga di wilayah ini sangat bergantung pada mata air lokal yang sayangnya telah terkontaminasi oleh intrusi air laut. Warga tidak hanya kesulitan dalam memperoleh air untuk kebutuhan memasak, tetapi juga untuk mandi dan mencuci. 

Kondisi ini memaksa beberapa warga untuk mencari sumber air bersih di tempat yang jauh, bahkan ada yang terpaksa membeli air galon untuk keperluan rumah tangga.

"Kami harus membeli air galon setiap hari untuk minum dan memasak. Biaya hidup jadi semakin tinggi, sedangkan pendapatan sebagai nelayan juga tidak menentu," kata seorang warga Kampung Karang Kencana.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut