Puluhan Santri di Lebak Dilatih Sembelih Hewan Qurban

U Suryana
Puluhan santri di Lebak dilatih sembelih hewan qurban / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Puluhan santri pondok pesantren Al-Fath Cikotok, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, diberikan pelatihan menyembelih hewan qurban.

Pelatihan menyembelih hewan qurban tersebut diselenggarakan oleh Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia Kabupaten Lebak, Jum'at (26/5/2023). 

Pelatihan menyembelih hewan tersebut dinilai sangat diperlukan, lantaran pengetahuan dan keahlian dalam menyembelih hewan qurban sudah jarang dimiliki generasi muda.

Terlebih jika memasuki hari raya Idul Adha, tenaga pemotong hewan qurban banyak dicari warga yang ingin berqurban.

Dikatakan Ustadz Nenta, di sela sela acara pelatihan sembelih hewan qurban di Ponpes Al-Fath. Pelatihan ini dilakukan agar generasi muda santri yang ada di Ponpes Al-Fath dapat memahami tata cara penyembelihan hewan qurban yang baik sesuai syariat.

Nenta juga mengatakan, pelatihan yang digelar oleh Juleha Kabupaten Lebak ini diisi dengan materi fiqih sembelih halal, asah bilah, teknik merebahkan hewan dan praktek sembelih halal.

Dengan begitu, jika santri sudah menguasai tehnik tehnik yang diajarkan, maka diharapkan bisa diimplementasikan dikemudian hari, sehingga bisa menyembelih hewan sesuai dengan syariat.

"Kita berusaha mencetak kader kader penyembelih hewan qurban. Karena, saat ini keterampilan menyembelih hewan qurban jarang diminati anak muda, dengan demikian harapan kami, santri yang hari ini ikut pelatihan dapat mengimplementasikan keterampilannya dalam menyembelih hewan," tutur Nenta.

Ditempat yang sama, Deden Sunandar, ketua DPW Juleha Banten mengatakan, pelatihan menyembelih hewan ini sedang dia fokuskan di berbagai kabupaten/kota yang ada di Banten.

Untuk di Lebak sendiri, pemateri penyembelih hewan qurban dilakukan oleh Abah Syarif, seorang pengurus Juleha Banten yang sudah berpengalaman di bidang penyembelihan hewan.

"Kita sedang fokus melakukan pelatihan penyembelihan hewan qurban. Selain di Lebak, kita juga menggelar acara serupa di Kabupaten/kota lainnya yang ada di Banten," kata Deden Sunandar.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network