Satu Rumah di Desa Pondokpanjang Ludes Terbakar Dilahap Si Jago Merah

U Suryana
Satu Rumah di Desa Pondokpanjang Ludes Terbakar Dilahap Si Jago Merah / Foto: iNewsLebak.id U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.id - Satu unit rumah milik pasangan suami istri Basar (70) dan Sawi (65) di Kampung Garung RT 10 RW 03, Desa Pondokpanjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, ludes terbakar api, pada Jum'at (13/10/2023) sekitar pukul 06.30 WIB.

Diketahui api berasal dari tungku tempat masak menyambar tabung gas yang bocor saat pemasangan ke regulator oleh pemilik rumah (Basar). Kemudian api membesar merembet ke seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu berdinding geribik bambu dan atap terbuat dari daun enau.

Saat kejadian pemilik rumah bersama istrinya berusaha memadamkan api dengan air seadanya di dapur, kemudian dibantu warga sekitar, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil sehingga rumah beserta isinya tidak bisa diselamatkan hangus terbakar.

Tokoh Masyarakat Garung, Ustadz Madsoleh, kepada tim iNewsLebak.id, di lokasi kejadian mengatakan, kebakaran rumah milik Basar akibat api dari tungku tempat masak menyambar tabung gas yang bocor.

"Kebakaran ini akibat api dari tungku menyambar tabung gas yang bocor saat disambungkan ke regulator oleh Abah Basar untuk memasak," ujarnya.

Lanjut Madsoleh, "Api semakin membesar, pemilik rumah dibantu tetangga memadamkan api, namun karena peralatan tidak memadai dan rumah terbuat dari bahan yang mudah terbakar sehingga tidak bisa diselamatkan," ucapnya.

Madsoleh berharap kepada semua elemen masyarakat untuk bahu membahu bersama-sama menolong agar korban bisa memiliki rumah kembali.

"Mari kita semua bersama-sama membantu Abah Basar agar punya rumah lagi. Kami berharap kepada semuanya agar teketuk hati dan menyisihkan rizkinya menyumbang untuk pembangunan rumah Abah Basar," ungkapnya.

Kata Madsoleh, kepada pemerintah agar menyiapkan mobil pemadam kebakaran di setiap wilayah, hal ini guna mempercepat langkah pertolongan ke lokasi bila ada kebakaran.

Hadir di lokasi kebakaran rumah tersebut; Kepala Desa Pondok Panjang Heru Purnomo,ST, Babinsa Desa Pondok Panjang Koramil 0314/Panggarangan Sertu Rahmat Kurnia, Kasat Pol PP Cihara Sawal,SE, Bhabinkamtibmas Pondok Panjang Polsek Panggarangan Briptu Robi.J, Tokoh Masyarakat Garung Ustadz Madsoleh, RT dan RW setempat, Linmas Desa Pondok Panjang dan yang lainnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp30 juta.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network