Kampung Karian di Lebak Disebut Kampung Mati, Rumah-Rumah Kosong tanpa Penghuni Tenggelam Akhir 2023

Hikmatul Uyun
Kampung Karian di Lebak dijuluki Kampung Mati, akan tenggelam akhir 2023. Foto: Youtube

Diduga, sepinya Kampung Karian hingga dijuluki kampung mati ini lantaran imbas pembangunan Waduk Karian.

Waduk Karian diketahui merupakan proyek penting yang bertujuan untuk memasok air baku bagi kebutuhan rumah tangga dan industri di Jakarta dan Banten. Namun, dampak dari proyek ini yaitu adanya penggusuran dan peninggalkan rumah-rumah dan permukiman oleh penduduk setempat.

 

Bahkan Kampung Karian dalam waktu dekat akan ditenggelamkan. Rencananya bekas permukiman warga ini akan diubah menjadi Waduk Karian yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2023.

Waduk Karian sudah dibangun sejak tahun 2015. Waduk ini disebut akan memiliki daya tampung bendungan sebesar 314,7 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 1.740 hektare.

Proyek ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total anggaran capai Rp1,3 triliun dan masuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) Pemerintah Pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

Disebut-sebut, Waduk Karian akan dinobatkan sebagai waduk terbesar ketiga di Indonesia. Waduk ini juga akan memiliki fungsi utama memasok air baku untuk kebutuhan rumah tangga untuk 5 juta penduduk dan industri di 9 kota/kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

Editor : Hikmatul Uyun

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network