Kasus DBD Meningkat, Puskesmas Cihara dan Pemdes Karangkamulyan Kompak Berantas Nyamuk

U Suryana
Kasus DBD Meningkat, Puskesmas Cihara dan Pemdes Karangkamulyan Kompak Berantas Nyamuk / foto : istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cihara bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Karangkamulyan mengadakan kegiatan Fogging di wilayah Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, pada Rabu (7/2/2024) siang.

Kegiatan Fogging tersebut sebagai tindak lanjut Puskesmas Cihara bersama Pemdes Karangkamulyan yang mana sebelumnya pada beberapa hari yang lalu telah melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), karena ada beberapa warga Desa Karangkamulyan yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

Diketahui, Fogging, yaitu pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa atau sebuah teknik yang dipakai untuk membunuh para serangga yang melibatkan pemakaian semprotan pestisida murni yang diarahkan oleh sebuah pompa udara. Dalam beberapa kasus, uap air panas dipakai untuk menyemprot dan didiamkan dalam waktu yang lama.

Kepala Puskesmas Cihara, Hermansyah S. Kep, mengatakan pihaknya bersama Pemdes Karangkamulyan mengadakan kegiatan Fogging di wilayah Desa Karangkamulyan.

"Pada hari ini Puskesmas Cihara bersama Pemerintah Desa Karangkamulyan mengadakan kegiatan fogging dimana kegiatan ini dilatar belakangi dengan masih adanya kasus DBD. Kegiatan ini upaya kita dalam pemberantasan kasus DBD," ujarnya.

Hermansyah juga mengatakan, selain melakukan foging, pihaknya sebelumnya sudah melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama aparatur desa.

Hal tersebut sebagai upaya pihak Puskesmas Cihara yang dilakukan bersama Pemerintah Desa Karangkamulyan agar angka DBD tidak bertambah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Karangkamulyan yang begitu aktif dalam pemberantasan kasus DBD. Mudah-mudahan angka DBD di Desa Karangkamulyan tidak ada lagi penambahan," ucapnya.

Terakhir, Hermansyah menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Cihara untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, agar semuanya sehat terhindar dari penyakit khususnya DBD.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network