Pilkada di Depan Mata, Aktivis Perempuan Banten Ajak Pemuda Gerakan 'BSD' untuk Masyarakat

U Suryana
Pilkada di Depan Mata, Aktivis Perempuan Banten Ajak Pemuda Gerakan “BSD” untuk Masyarakat / foto: istimewa

SERANG, iNewsLebak.id - Pesta demokrasi tingkat Daerah akan berlangsung pada bulan November Tahun 2024 mendatang. Dalam perhelatan politik ini, tentunya seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat ikut serta menyalurkan hak suara untuk bisa bersama-sama menentukan pemimpin Daerah yang akan menentukan nasib Daerahnya ke depan. Generasi muda yang disebut sebagai generasi emas, keikutsertaannya sangat diharapkan.

Pada dasarnya Pemilu yang diselenggarakan di Indonesia memiliki dasar hukum yang kuat. Hal tersebut karena sudah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 22 E ayat 1 yang menyatakan bahwa Pemilu dilaksanakan secara umum berdasarkan pada asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.

Hal itu bukan sekdar legal formal semata, tetapi harus diimplementasikan dan diwujudkan karena Pemilu dikatakan sebagai perwujudan kedaulatan rakyat sebagai salah satu prinsip demokrasi yaitu pemerintahan yang bersumber dari, oleh, dan untuk rakyat.

Oleh sebab itu, rakyat memiliki peranan penting sehingga diharapkan ikut mengontrol pemerintahnya dan masyarakat berhak untuk memilih pemimpinnya. Seperti diketahui, pemilih pemula memiliki usia minimal 17 tahun sehingga menjadi faktor penting pada pelaksanaan Pilkada, bahkan bisa dikatakan pemilih pemula ini adalah pemeran utama dalam kontestasi Pilkada 2024.

Akan tetapi pemilih pemula yang masih awam akan Pemilu masih perlu diarahkan agar bisa mengenali para calon yang akan dipilih nantinya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan melalui pendekatan yang sangat akrab dengan generasi muda seperti terbukanya ruang diskusi dan gerakan yang melibatkan pemuda itu sendiri.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network