get app
inews
Aa Read Next : Habis Lebaran Setda Lebak Rencana Mau Belanja Sofa dan TV Senilai Rp2,4 Miliar

Cari Penyebab Banjir, Kades Pondok Panjang dan Warga Susuri Sungai Citaritih

Minggu, 18 Desember 2022 | 11:28 WIB
header img
Kepala Desa Pondok Panjang, Heru Purnomo, melihat langsung kondisi aliran sungai Citaritih (18/12/2022) / Foto : Egi Rukmana

LEBAK, iNewsLebak.id - Paska banjir yang terjadi di Kampung Citaritih, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, Kepala Desa Pondok Panjang, Heru Purnomo, melihat langsung kondisi aliran sungai Citaritih untuk menemukan penyebab banjir, Minggu (18/12/22).

Heru yang baru saja menjabat sebagai Kepala Desa Pondok Panjang periode tahun 2022-2028 dengan didampingi Ketua RW, Ketua RT, anggota Linmas dan beberapa warga desa menyusuri aliran dan bantaran sungai Citaritih.

Di lokasi, Heru menemukan terjadinya penyempitan badan sungai yang disebabkan tumbuhnya pepohonan di sisi sungai maupun faktor lain seperti pendangkalan dasar sungai.

“Setelah kami cek, banjir yang terjadi kemarin disebabkan beberapa faktor. Dintaranya penyempitan badan sungai dan pendangkalan dasar sungai. Ini akan kami catat untuk sama-sama dicarikan solusinya,” jelas Heru.

Sebagai upaya jangka pendek agar jika hujan lebat banjir bisa dicegah, Heru bersama warga berencana untuk mengeruk lumpur atau tanah yang berada di dasar sungai, agar aliran air kembali lancar.

“Kami akan memperlebar badan sungai yang mulai menyempit dan melakukan pengerukan, agar ketika hujan lebat datang dengan durasi waktu yang lama sungai mampu menampung air dan tidak meluap ke pemukiman warga,” urai Heru.

Editor : Sofi Mahalali

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut