get app
inews
Aa Read Next : Calon Gubernur Banten Harus Tahu, Satu Keluarga di Lebak Tinggal di Gubuk Reyot, Tak Makan Seharian

Pembangunan Drainase di Ruas Jalan Cimandiri Laut Cibarengkok Lebak Ambruk Tergerus Air

Senin, 08 Mei 2023 | 14:46 WIB
header img
Ketua Ormas Badak Banten, Asep Pahrudin di lokasi pembangunan drainase di ruas jalan Cimandiri Laut - Cibarengkok, Panggarangan, Lebak, yang ambruk tergerus air / Foto : Istimewa.

LEBAK, iNewsLebak.id - Pembangunan drainase pada ruas jalan Cimandiri Laut - Cibarengkok yang saat ini sedang dilaksanakan ambruk tergerus limpasan air hujan, Minggu (7/5/2023).

Drainase yang ambruk ini terpatnya di Kampung Cimandiri, Desa Cimandiri, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten.

Ketua DPC Ormas Badak Banten Panggarangan, Asep Pahrudin menuturkan bahwa ambruknya drainase ini, diduga karena dalam proses pemasangan batu belah tidak memenuhi kaidah teknis kontruksi yang baik dan benar. 

Sejak awal  terang Asep, dirinya melihat bahwa proses pemasangan batu belah pada saluran drainase ini banyak pasangan yang kosong, dimana adukan semennya tidak merata pada setiap pasangan batu.

Bahkan terang Asep, dibeberapa titik dirinya menemukan ada pasangan batu yang hanya diisi dan ditimbun dengan tanah.

"Maka wajar kalau ketika hari ini turun hujan, air hujan masuk ke saluran air, maka pasangan batunya ambruk," kata Asep.

Asep menyayangkan kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak, yang lemah dalam melakukan pengawasan lapangan.

"Kepanjangtanganan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak kan Konsultan Pengawas, meskinya mereka melakukan pengawasan pengerjaan. Tapi nyatanya mereka tidak menjalankan tugasnya dengan benar," ujar Asep.

Asep mendesak, agar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lebak untuk turun ke lapangan, meninjau secara langsung proses pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor.

"Ini kan anggaran dari ABPD Lebak, uang rakyat. Hasrusnya Dinas PUPR Lebak dan pihak kontraktor bisa amanah dalam pengerjaannya," keluh Asep.

Sampai berita ini dilansir, wartawan masih berusaha mendapatkan konfirmasi dari Dinas PUPR Kabupaten Lebak.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut