get app
inews
Aa Read Next : Alam Dirusak Kekeringan Pun Melanda, CSR Sunyi, Pemerintah Cihara Tinggal Diam?

Pembangunan Posyandu Menjadi Prioritas Visi dan Misi Kades Pondokpanjang

Rabu, 14 Juni 2023 | 14:56 WIB
header img
Kepala Desa Pondokpanjang, Heru Purnomo, ST, (menggunakan kemeja putih, peci hitam) di bangunan Posyandu Dahlia VII / Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Desa Pondokpanjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, mengedepankan pembangunan Posyandu, kegiatan yang diprioritaskan itu didanai dari Dana Desa adalah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak terpisahkan dari warga masyarakat.

Seperti saat ini Kepela Desa (Kades) Pondokpanjang Heru Purnomo, ST, telah melakukan gunting pita dalam rangka peresmian Posyandu Dahlia VII, yang juga hadir Prades, BPD, Karang Taruna, TPK, Bidan Posyandu, para Kader Posyandu, Ibu-ibu PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW setempat, Ibu-ibu Posyandu beserta anak Balita dan yang lainnya, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan pembangunan Posyandu yang berukuran panjang 6 meter dan lebar 3 meter tersebut, dilaksanakan dari Anggaran Dana Desa Tahap I, berlokasi di kampung Talangbaru RT 17 RW 6, Desa Pondokpanjang, jumlah anggaran Rp40.006.750,- dengan pengerjaan di anggaran 2023.

Pembangunan ini adalah bukti nyata perhatian pemerintah terhadap pembangunan yang dimulai dari tingkat Desa.

"Pembangunan Posyandu menjadi prioritas terkait dengan Visi dan Misi saya sebagai Kades Pondokpanjang dan ingin mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, mandiri dan maju," ucap Heru Purnomo, ST.

Pemerintah Desa dan warga masyarakat bersama-sama mendukung, melaksanakan, memanfaaftkan dan melestarikan pembangunan yang didanai Dana Desa dengan semangat kerja keras.

Pembangunan gedung Posyandu ini merupakan kegiatan pembangunan sarana prasarana kesehatan masyarakat untuk Peningkatan Kualitas dan Akses terhadap Pelayanan Sosial Dasar yang output tujuannya mendorong optimalisasi kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat.

Heru, mengatakan, dengan adanya gedung Posyandu di desa, masyarakat bisa memanfaatkan prasarana kesehatan ini untuk berbagai kegiatan kesehatan seperti Imunisasi, senam lansia serta kegiatan dan program kesehatan lainnya dari pemerintah yang difasilitasi oleh kadernya masing-masing.

Selain itu, bisa digunakan juga untuk pengajian anak-anak, Posronda dan tempat musyawarah masyarakat Desa Pondokpanjang.

Menurut Heru, manfaat dana desa yang dampaknya begitu besar terhadap pembangunan kesehatan dan tentunya menekan angka stunting terhadap kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Anita (23), salah satu Ibu Posyandu yang mempunyai anak Balita, mengucapkan terimakasih adanya Bangunan Posyandu yang baru.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, khususnya Pak Lurah yang telah membantu kami dengan merealisasikan pembangunan Posyandu, dan kami tidak numpang di emper rumah orang lagi dalam kegiatan kesehatan Posyandu kepada anak kami," ungkapnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut