get app
inews
Aa Read Next : Yaparanus: Edu Heritage Cirebon-Jakarta Kolaborasi Menggerakkan Generasi Z dan Pelestarian Budaya

Sinergitas Yaparanus dan Pemkab Lebak untuk Majukan BUMDes di Pedesaan

Kamis, 06 Juni 2024 | 08:13 WIB
header img
Sinergitas Yaparanus dan Pemkab Lebak untuk Majukan BUMDes di Pedesaan / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Yayasan Pamanah Rasa Nusantara (Yaparanus) siap memberdayakan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, melalui peningkatan kapasitas. Kesiapan tersebut disampaikan pengurus Yaparanus pada saat silaturahim dengan Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, ST.MT, di ruang kerjanya, Selasa (4/6/2024).

Pengurus Yaparanus yang hadir; Ketua Umum, Dr. RA. Ikke Dewi Sartika, M.Pd., Pembina Yaparanus, Prof. Dr. Erliana Hasan, RHS, Slamet Bangsadikusumah, SH, MBA, Drs. Aep Hendra, Bidang Pelatihan dan Dede Kusbandi. Selain itu, hadir perwakilan Yaparanus dari Provinsi Banten, H. Edi Murpik, S.Pd., MM, dan Dr. Drs. H. Sumawijaya, B.Ed., M.Si.

Dari pejabat Pemerintah Kabupaten Lebak, yang turut hadir, Kepala Bapelitbangda, Dr. Yosep M. Holis, S.Hut, MT, M.Sc, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Imam Rismahayadin, S.Hut, Asisten Daerah II Setda Lebak, Ajis Suhendi, S.STP., M.Si, dan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lebak, Rido.

Silaturahmi Pengurus Yaparanus ini bertujuan mempersiapkan pelatihan kapasitas bagi para pengelola BUMDes di Kabupaten Lebak, agar  badan usaha di tingkat desa dapat bersaing dan berdaya. "Pelatihan ini meliputi aspek manajerial, administrasi, keuangan, dan pemasaran," kata Prof. Dr. Erliana Hasan.

Prof. Dr. Erliana Hasan menekankan bahwa BUMDes memiliki peran strategis dalam pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan dan bisa menghasilkan pendapatan untuk desa. Namun, banyak BUMDes yang masih belum berperan  sesuai dengan harapan.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut