get app
inews
Aa Read Next : Tim Pemenangan Wulan Sari Palembang Gelar Diskusi Publik dan Konsolidasi Pemenangan KOPRI PB PMII

PMII Rayon FHS UNMA Malingping Gelar Diskusi Publik Bahas Tentang Berpikir Kritis

Senin, 24 Juni 2024 | 20:02 WIB
header img
PMII Rayon FHS UNMA Malingping Gelar Diskusi Publik Bahas Tentang Berpikir Kritis / foto: istimewa

“Dengan adanya diskusi publik tentang berfikir kritis ini bisa membangkitkan keinginan untuk terus berpikir dengan baik, agar kita semua terhindar dari kesimpulan atau keputusan yang tidak tepat. Kita harus berpikir rasional, logis, dan objektif yang melibatkan pengumpulan informasi, mengidentifikasi argumen atau asumsi yang mendasarinya, mengevaluasi bukti yang tersedia, dan kemudian sampai pada kesimpulan yang masuk akal,” kata Usep.

Usep juga memaparkan, berpikir kritis bukan hanya harus dilakukan oleh mahasiswa, namun untuk semua pihak. Dengan berpikir kritis akan mampu terhindar dari manipulasi seperti informasi hoaks, penipuan, dan sebagainya. Selain itu, bisa lebih percaya diri atas opini sendiri, serta memiliki pemikiran terbuka.

“Intinya, kita semua harus terus berupaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis, memperbanyak pengetahuan, dan juga jangan pernah puas akan apa yang kita capai hari ini. Terus berlatih dan kembangkan diri,” paparnya.

Diakhir pembahasan, Usep berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa berdampak baik kepada seluruh peserta agar kedepan lebih kritis dalam berpikir. Ia meyakini, jika suatu organisasi diikuti oleh pengurus dan anggota yang berpikir kritis, maka organisasi itu akan berjalan sesuai dengan visi misi, sehingga bisa memberikan manfaat untuk semua pihak.

“Termasuk di PWI Banten itu sendiri, selalu menegaskan kepada para Jurnalis agar senantiasa berpikir kritis. Selain itu, hadir dalam diskusi ini juga merupakan salahsatu tujuan kami untuk lebih dekat dengan lingkungan pelajar ataupun mahasiswa,” ujar Usep menutup pemaparannya, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut