DPD KWRI Banten Dukung Pemprov Kembangkan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional

U Suryana
DPD KWRI Banten Dukung Pemprov Kembangkan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional / Foto: Istimewa

Geopark (Taman Bumi) yang ada di wiayah Lebak Selatan, Banten, ada khsusunya memiliki keunikan tersendiri. Ada Tanjung Layar, Goa Lalay, Goa Lawang Saketeng, Pantai Sawarna, Curug, dan berbagai potensi lainnya yang apabila hal tersebut dikelola dengan baik dan dikembangkan secara bersama, akan memberikan dampak yang terbaik tertama untuk peningkatan kesejahteraan mayarakat.

Di kawasan Geopark Bayah Dome  sebagai destinasi wisata, tentu akan bekembang berbagai kegiatan, seperti seni budaya sesuai dengan karakterisktik dan budaya masyarakat setempat. Pengembangan ekonomi juga akan bergulir; kuler, dan produk UMKM lainnya, dan bahkan menjadi kawasan study alam bagi para mahasiswa atau peneliti lainnya.

"Seiring dengan Geopark Bayah Dome akan ditetapkan sebagai geopark nasional, maka pemerintah pusat, Pemkab Lebak dan Pemprov Banten, juga harus berani tegas melarang dan menghentikan aktivitas penambangan ilegal; batu bara di kawaan Perum Perhutani Panggarangan,Bayah dan sekitarnya, penambangan emas, penambangan pasir laut, karena geopark sejatinya menjaga  kelestarian lingkungan dan konservasi," tegas H Edi Murpik, wartawan senior di Banten ini.



Editor : U Suryana

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network