Tak Biasa! Berminggu-minggu Sudah Warga Bayah Lebak ‘Dihantui’ Kabut Debu Tebal

Lazarus Sandy
Wilayah Bayah Lebak dilanda kabut debu tebal / Foto : Facebook

LEBAK, iNewsLebak.id – Ada yang tak biasa terjadi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Cuaca berkabut tebal melanda wilayah pesisir Banten selatan ini sejak tiga minggu terakhir.

Bukan kabut seperti halnya di kaki gunung melainkan kabut debu tebal yang diduga berasal dari pabrik semen raksasa yang berada tak jauh dari pusat kecamatan. Banyak warga mulai resah, dan mengeluh.

Kabut tak hanya membuat nafas sesak, jarak pandang saat berkendara pun semakin minim. Belum lagi anak-anak yang mulai terjangkit batuk. Bahkan ibu-ibu mengeluh muncul noda hitam pada pakaian saat dijemur.

Tak sedikit yang berceloteh, suasana Bayah mirip Puncak, Bogor, namun bedanya tidak ada yang berjualan jagung bakar. Media sosial mulai dipenuhi postingan video kabut debu serta curhatan netizen. Intinya mereka mengeluh.

Tak hanya Kecamatan Bayah, kabut debu juga dirasakan warga sampai wilayah kecamatan tetangga, seperti Panggarangan. Kencangnya tiupan angin, terkadang membawa debu pergi lebih jauh lagi.

Dalam video yang diterima redaksi, Camat Bayah sempat melakukan konfirmasi terkait hal ini pada awal Oktober lalu ke pihak pabrik semen. Ada yang mengagetkan, saat perwakilan pabrik menyinggung soal fenomena alam.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network