Terjerat Kasus Pemerasan, Status ASN Suami Kades Pagelaran di Ujung Tanduk

Lazarus Sandy
Suami Kades Pagelaran YH / Foto ; Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id – Seorang oknum ASN berinisial YH resmi ditahan Kejaksaan Negeri Lebak pada Rabu (15/11) karena diduga melakukan pemerasan kepada pengusaha tambak udang di Desa Pagelaran, Malingping, Lebak, Banten.

YH yang juga sebagai Kepala Sekolah SD Negeri di Kecamatan Malingping, Lebak, Banten, ditahan selama 20 hari ke depan bersama istrinya, H, yang merupakan Kepala Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping.

Proses penyidikan terhadap keduanya telah dilakukan sejak bulan Juni 2023 lalu. Pihak Kejari Lebak juga telah melakukan pemeriksaan terhadap lebih dari 40 orang saksi terkait dugaan pemerasan tersebut.

Kasi Pidsus Kejari Lebak Ahmad Fakhri mengatakan, kedua tersangka dijerat dengan pasal pemerasan yaitu pasal 12 e, pasal 12 hurup (B) dan pasal 11 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Diminta tanggapan terkait kasus yang menjerat YH, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi (PPI) BKPSDM Lebak, Iqbaludin, mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Kejari Lebak.

“Besok lusa, kami akan koordinasi ke Kejari Lebak, untuk minta copy status hukumnya. Itu yang akan kami jadikan sebagai dasar tindak lanjut,” jelas Iqbal, Kamis (16/11) pagi.

Iqbal juga menjelaskan sanksi terberat berupa pemecatan tehadap YH dari statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), “Nanti bila sudah ada putusan dari pengadilan yang tetap dan lebih dari dua tahun putusannya. Selama proses pengadilan, akan diberhentikan sementara sebagai ASN,” pungkas Iqbal.

Editor : U Suryana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network