Dua Rekor MURI Diterima Benny J Mamoto untuk Museum Anti Narkoba dan Museum Manguni

U Suryana
Dua Rekor MURI Diterima Benny J Mamoto untuk Museum Anti Narkoba dan Museum Manguni / Foto: Istimewa

Pertama, Benny menemukan Museum Owl (Burung Hantu) di Penang, Malaysia, Jepang, Korea, Thailand, berisi koleksi aneka ragam bentuk Manguni (Owl) yang terbuat dari kayu, logam, plastik, kaca, keramik, kain, mata uang kertas dan logam, materei dan sebagainya.

"Saya berpikir, mengapa di Sulawesi Utara, Kabupaten dan kota lambangnya Manguni, gereja terbesar GMIM lambangnya Manguni, berbagai ormas juga lambangnya Manguni, tetapi tidak memiliki museum seperti di beberapa negara tersebut. Di samping itu, Manguni di masyarakat Minahasa merupakan kearifan lokal. Sebelum ada teknologi, leluhur Minahasa menggunakan bunyi Manguni sebagai petunjuk," tuturnya.

Manguni diberikan tempat yang khusus karena membantu masyarakat dengan memberi petunjuk atau tanda akan terjadinya sesuatu peristiwa.

Sejak saat itu, muncullah ide Benny untuk membangun Museum Manguni. "Saya mulai berburu buku tentang Owl dari berbagai negara sebagai referensi. Saya mulai berburu berbagai koleksi Owl dari seluruh dunia, termasuk koin mata uang Yunani kuno yang bergambar Manguni. Akhirnya isteri dan anak-anak saya serta teman-teman saya ikut membantu berburu koleksi Owl dari berbagai negara. Sampai saat ini baru terkumpul sekitar 1.426 koleksi Manguni. Anda akan dapat menyaksikan juga lambang-lambang Manguni yang digunakan oleh berbagai pihak berikut makna lambang tersebut," tuturnya.

Untuk mengedukasi generasi muda maka Benny dibantu tim mulai mengumpulkan data dan informasi tentang persebaran Owl di dunia, spesiesnya, pelestariannya, dan sebagainya. Di samping itu, ditemukan hal yang menarik bahwa ada sekitar 130 kota di dunia menggunakan lambang Owl. Banyak pengunjung yang tertarik dengan lambang-lambang kota di dunia ini, karena bila dibandingkan dengan lambang Kabupaten dan kota di Sulawesi Utara maka sesungguhnya kita sejajar dengan 130 kota di dunia tersebut. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Sulawesi Utara.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network