PC MATAN Lebak Gelar Seminar Sejarah Cilangkahan Lebak Selatan

U Suryana
Gelar Seminar PC MATAN Lebak bertema 'Melacak Jejak Sejarah Cilangkahan' dalam rangka Haul Syeh Abdul Hasan Asy-Syadzili di Resto Batete, Malingping, Lebak, Minggu, 15 September 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Pengurus Cabang (PC) Mahasiswa Ahli Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (MATAN) Kecamatan Malingping menyelenggarakan seminar bertema 'Melacak Jejak Sejarah Cilangkahan' dalam rangka Haul Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili di Resto Batete, Malingping, Lebak, Minggu (15/9/2024). 

Ketua Pelaksana, Yosa Fairuz mengatakan bahwa gelar seminar itu selain untuk khasanah inventarisasi data sejarah juga untuk menambah wawasan generasi muda pada masa lalu daerahnya.

"Ini selain kegiatan MATAN, juga untuk mendukung dan menginventarisasi untuk jati diri kawasan DOB Cilangkahan juga untuk khasanah wawasan antar generasi. Karena bagaimanapun identitas suatu daerah itu ada pada peninggalan dan cerita masa lalunya. Suatu bangsa yang kuat pastinya diperkuat akar sejarah masa lalu," ungkapnya.

Seminar itu menghadirkan pemateri Yadi Ahyadi dari Bantenologi UIN Serang, KH Hamdan Suhaemi, dan peneliti semiotika sejarah, Frans Rivai Son Ghaha dengan moderator Aries Dian Rufai

Pemateri Yadi Ahyadi, yang akrab disapa Abah Yadi, memaparkan sejarah Lebak selatan pada masa kesultanan Banten dan era penjajahan Belanda adalah sebuah kawasan kadipaten Banten Kidul.

Editor : U Suryana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network