get app
inews
Aa Read Next : Khotib Sholat Idul Fitri di Alun-alun Rangkasbitung Ungkapkan Karakter Orang Bertaqwa

Siap-siap! Kemenaker Bakal Terbitkan SE Tentang THR Idul Fitri 2023, Buruh dan Pengusaha Wajib Tahu

Kamis, 23 Maret 2023 | 20:29 WIB
header img
Ilustrasi THR / Foto : SPSI

JAKARTA, iNewsLebak.id – Kementerian Ketenagakerjan (Kemenaker) bakal segera menerbitkan surat edaran (SE) yang mengatur tentang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri tahun 2023.

Pemberian THR merupakan kewajiban yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan atau buruh. Kewajiban itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

"Awal minggu depan SE THR dulu kita edarkan," kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemenaker Indah Anggoro Putri saat dihubungi MNC Portal, Kamis (23/3/2023).

Jika mengacu pada Permenaker No.6 Tahun 2016, dijelaskan dalam Pasal 3 bahwa pekerja atau buruh yang telah memiliki masa kerja 12 bulan secara terus-menerus diberikan THR sebesar 1 bulan upah.

Sedangkan jika pekerja yang sudah bekerja kurang dari 12 bulan, maka pemberiana THR akan diberikan secara proposional sesuai dengan masa kerja dengan perhitungan masa kerja dibagi 12, dikalikan 1 bulan upah.

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut