get app
inews
Aa Read Next : Habis Lebaran Setda Lebak Rencana Mau Belanja Sofa dan TV Senilai Rp2,4 Miliar

PAD Lebak Cuma Rp450 M Setahun, Pansus ‘Gercep’ Kulik Potensi Penerimaan Daerah di Berbagai Sektor

Sabtu, 08 Juli 2023 | 09:26 WIB
header img
Ilustrasi PAD / Foto : Istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id – Wakil Ketua Panitia Khusus Pendapatan Asli Daerah (Pansus PAD) DPRD Kabupaten Lebak, Musa Weliansyah, menjelaskan bahwa Pansus akan bekerja maksimal dalam mengulik potensi penerimaan daerah di berbagai sektor.

Hal ini dikatakan Musa dalam sesi wawancara dengan iNewsLebak, Jumat (7/7) malam. Pansus memiliki tanggung jawab besar untuk menggali potensi pendapatan daerah yang dimiliki Kabupaten Lebak, agar PAD bisa meningkat dan meminimalisir kebocoran.

“Saya optimis, jika Pansus ini bekerja dengan tulus dan maksimal, pendapatan daerah di Kabupaten Lebak yang awalnya hanya dibawah Rp500 miliar setahun, bisa meningkat hingga dua kali lipat. Tahun 2024, kami harap bisa mencapai di angka Rp700 miliar – Rp1 triliun,” beber Musa.

Tentunya, lanjut Musa, hal ini perlu sinergi semua pihak, baik eksekutif, akademisi, stakeholder terkait, maupun dukungan dari aparat penegak hukum (APH). Karena pendapatan daerah rendah, bisa karena target yang ditetapkan memang rendah maupun terjadi kebocoran-kebocoran.

“Sebagai contoh, potensi pariwisata di Lebak sangat luar biasa. Data yang kami peroleh, kunjungan wisatawan hingga Juni 2023 lebih dari 500 ribu orang. Tapi target retribusi daerah dari sektor pariwisata hanya Rp277,5 juta. Dalam menetapkan target mungkin tidak melibatkan tenaga ahli, atau bisa saja terjadi kebocoran, ini yang akan kulik,” jelas Musa.

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut