get app
inews
Aa Read Next : Virgojanti Sebut TPID Provinsi Banten Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Jelang Ramadhan, Nelayan Binuangeun Libur Melaut Harga Ikan Melonjak

Senin, 11 Maret 2024 | 05:49 WIB
header img
Kapal nelayan Binuangeun libur melaut / foto : iNewsLebak.id U Suryana

LEBAK, iNewsLebak.id - Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah / 2024 M, mayoritas nelayan Binuangeun, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, memilih libur melaut.

Hal ini mengingat satu hari lagi menjalankan ibadah puasa dan biasanya sering dilakukan untuk tradisi munggahan atau makan-makan baik bersama keluarga, kerabat ataupun dengan yang lainnya. 

Munggahan biasanya dilakukan dengan memilih tempat-tempat yang membuat nyaman seperti di tempat-tempat wisata. Dan salah satunya yang dilakukan pada saat tersebut adalah bakar ikan untuk makan bersama.

Mokmok, salah satu nelayan Binuangeun, mengatakan hari ini nelayan Binuangeun banyak yang libur melaut karena satu hari lagi akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Ini sudah lazim dilakukan oleh para nelayan Binuangeun, karena merupakan adat dalam melaut tapi bukan pantangan untuk melaut. Para nelayan menghabiskan waktu untuk berkumpul dan menjalankan ibadah puasa bersama keluarga serta memperbaiki jaring maupun kapal," ujarnya. Minggu (10/3/2024). 

Editor : U Suryana

Follow Berita iNews Lebak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut