get app
inews
Aa Read Next : Curug Luhur, Pesona Wisata Tersembunyi di Cijaku Lebak Selatan

Peluang Besar! Gali Potensi Wisata Lebak Lewat Geopark Bayah Dome

Rabu, 26 Juni 2024 | 19:01 WIB
header img
Peluang Besar! Gali Potensi Wisata Lebak Lewat Geopark Bayah Dome / foto: iNewsLebak.id U Suryana

Geopark Bayah Dome yang didalamnya meliputi Geosite Bayah, Cilograng, Cibeber, Panggarangan, Cigemblong, Cihara, Sajira dan Curugbitung, adalah hamparan taman bumi atau hamparan taman alam.  

Kabupaten Lebak memiliki berbagai destinasi wisata yang masih alami dan belum banyak tersentuh oleh perkembangan modernisasi. Destinasi-destinasi ini meliputi pantai-pantai yang indah seperti: Pantai Sawarna, wisata air terjun seperti Curug Munding dan Curug Ciporolak, serta kawasan pegunungan seperti Gunung Luhur yang terkenal dengan fenomena "Negeri di Atas Awan".

Selain itu, Kabupaten Lebak juga memiliki potensi wisata budaya dan sejarah, seperti situs purbakala  Kosala di kawasan Kecamatan Lebak Gedong, dan situs purbakala Lebak Cibedug di Kecamatan Cibeber.

Situs Lebak Sibedug adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan di zaman megalitikum terletak di Kampung Cibedug, Desa Citorek Barat, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Bangunan utama yang ditemukan di sini adalah punden berundak berukuran besar, tersusun dari dinding bebatuan andesit dan lempung yan.

Dalam laman BPCB Banten disebutkan, bahwa Situs Kosala berada di sekitar Pegunungan Kendeng, di Kampung Lebak Sangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong. Situs Kosala sebelah utara berbatasan dengan kebun dan persawahan penduduk; sebelah selatan berbatasan dengan Sungai Cibaduy; sebelah timur berbatasan dengan area persawahan; sebelah barat berbatasan dengan Sungai Cipamali. Situs Kosala diperkirakan memiliki luas sekitar 4 Ha. Situs Kosala saat ini sudah terdaftar dalam Surat Edaran Bupati Lebak No.430/771/III/2016.

Situs Kosala atau Lebak Kosala memiliki ikatan dengan masyarakat Baduy. Penelitian permukaan yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten tahun 2001 mengungkap situs Lebak Kosala adalah sebuah situs dari tradisi megalitik yaitu, punden berundak dengan lima undakan, berorientasi timur - barat dengan arah utama menghadap puncak Gunung Kosala. 

Tidak jauh dari situs terdapat kolam tempat mereka menyucikan diri sebelum melakukan aktivitas ritual. Hal yang menarik untuk diamati adalah adanya jalan setapak yang terbuat dari batu pipih bahkan ada yang dibuat membentuk tangga, menghubungkan antara satu undakan ke undakan berikutnya.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut