get app
inews
Aa Read Next : Peluang Besar! Gali Potensi Wisata Lebak Lewat Geopark Bayah Dome

Tak Juga Direnovasi, Mahasiswa Gelar Aksi Refleksi di Tugu Romusha Bayah Lebak

Sabtu, 29 Juni 2024 | 04:51 WIB
header img
Mahasiswa melakukan Aksi Refleksi di Tugu Romusha, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten, Kamis 27 Juni 2024 / foto: istimewa

LEBAK, iNewsLebak.id - Ikatan Mahasiswa Cilangkahan (IMC) menggelar aksi refleksi di Monumen/Tugu Romusha Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis (27/6/2024).

Aksi refleksi ini adalah bentuk kepedulian terhadap salah satu monumen bersejarah di kawasan selatan Lebak, yang roboh diterpa cuaca ekstrem pada awal Januari 2024, hingga saat ini tak kunjung direnovasi atau dibangun kembali oleh pemerintah daerah.

Koordinator Aksi, Rifa Zatnika menyampaikan kepada media bahwa aksi refleksi ini merupakan wahana untuk mengajak masyarakat sekitar agar lebih melek dan tidak diam saja setelah melihat disfungsinya Pemerintah Daerah sektor Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak  dan Provinsi Banten, dalam hal untuk sekedar membangun kembali Tugu Romusha terhitung hampir 7 bulan sampai saat ini.

"Bagaimanapun Tugu Romusha ini adalah simbol sejarah yang sangat berarti bagi kami Masyarakat Selatan. Kami sangat prihatin ketika melihat Tugu Romusha terbengkalai seperti ini. Ada apa dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata? Masa untuk sekedar membangun kembali tugu romusha saja tidak mampu," ungkapnya dengan semangat yang berkobar.

Rifa memperhatikan Pendapat Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata di Lebak Selatan yang dihasilkan setiap tahunnya relatif tinggi, jadi tidak alasan Disbudpar mengelak untuk melakukan pembangunan monumen daerah tersebut.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut