get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Banten Perkuat Kader Posyandu dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Unma Banten : Ketika Harapan dan Cita-cita Bertemu Dalam Hangatnya Cahaya Pendidikan

Kamis, 11 Juli 2024 | 22:41 WIB
header img
Penulis adalah: Dosen Fakultas Hukum dan Sosial di Universitas Mathla'ul Anwar (Unma) Banten / foto: istimewa

Selanjutnya, pada periode ketiga, dari 2008 hingga 2012, Unma mulai menunjukkan keberadaannya sebagai entitas pendidikan yang matang dan memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat. Infrastruktur pendidikan seperti gedung kuliah dan laboratorium mulai dibangun dan dikembangkan dengan pesat, sementara program studi mendapatkan pengakuan dan akreditasi yang semakin baik.

Untuk Periode 2012 hingga 2016 menjadi tantangan yang lebih besar dengan diberlakukannya Undang-undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mengharuskan manajemen universitas untuk lebih profesional dan independen. Unma juga harus menjaga diri dari berbagai kepentingan yang mungkin merusak integritasnya, sebagaimana diungkapkan Chairil Anwar dalam ungkapan "sekali berarti sesudah itu mati,".

Periode 2016 hingga 2020, yang ditandai dengan munculnya Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan pandemi Covid-19, membawa tantangan baru. Unma perlu beradaptasi dengan kebijakan baru seperti pembelajaran online dan mandiri. Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) memungkinkan mahasiswa mengakses mata kuliah dari perguruan tinggi lain, sementara program mahasiswa seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan KKN menjadi bagian integral dari kegiatan akademik.

Dan pada Periode 2020 hingga 2024, UNMA dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan tinggi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berubah. Kolaborasi global dan inovasi dalam pendidikan menjadi kunci untuk menjawab perubahan struktural dalam pasar kerja yang semakin kompleks.

Dalam menghadapi lima perubahan utama di pasar kerja Indonesia transformasi struktural, inovasi teknologi, struktur usia penduduk, ekonomi hijau, dan ketidakpastian, Unma Banten berkomitmen untuk mempersiapkan lulusannya dengan keterampilan yang dibutuhkan di abad ke - 21. Ini termasuk kemampuan berpikir kritis, literasi digital, kewirausahaan, dan kesiapan untuk beradaptasi dengan perubahan.

Editor : U Suryana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut